Tekno

4 Kesalahaan Saat Memakai AC yang Bikin Listrik Terkuras

4 Kesalahaan Saat Memakai AC yang Bikin Listrik Terkuras

Siapa di rumahnya yang masang AC? Pasti orang kaya saja yang punya AC di dalam rumahnya. Ya wajar saja hanya orang-orang kaya yang mampu beli AC karena harganya lumayan mahal dan terutama tagihan listriknya yang bikin dompet jebol.

AC butuh tenaga lebih untuk mendinginkan suhu ruangan dalam sekejap. Oleh karena itu AC akan memakan daya lebih banyak dari perangkat elektronik lainnya. Tak heran jika tagihan listrik mendadak membengkak begitu saja.

Parahnya lagi kalau kamu suka asal-asalan saat memakai AC. Jika sering melakukan kesalahan-kesalahan ini saat menyalakan AC, mungkin tagihan listrik kamu akan jauh lebih besar lagi. Berikut ulasannya, simak sampai tuntas yah!

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal Saat Masak Ayam yang Sering Dilakukan

1. Terlalu sering buka ruangan atau membiarkan jendela terbuka saat AC menyala

4 Kesalahaan Saat Memakai AC yang Bikin Listrik Terkuras

Foto: brisbaneair.com.au

Kalau AC lagi menyala, pastikan semua jendela tertutup. Dan kalau keluar ruangan, pastikan pula tutup kembali pintunya.

Kalau angin AC sampai keluar ruangan, secara otomatis AC akan kembali menurunkan suhu di dalam ruangan. Ketika hal itu terjadi, komposernya akan kembali bekerja dan akan mengambil listrik berlebih.

2. Menyetel AC dengan suhu terendah tapi kecepatan fan maksimum

4 Kesalahaan Saat Memakai AC yang Bikin Listrik Terkuras

Foto: grid.id

Kebanyakan orang suka menyetel AC di bawah 22 derajat biar cepat dingin. Ditambah lagi mengatur fan-nya dalam kecepatan maksimum.

Perlu diprhatikan, saat suhu AC diatur ke yang terendah sementara kecepatan fan maksimum, komposer AC akan bekerja lebih keras lagi untuk menghasilkan suhu yang dingin. Tentu hal itu akan memakan daya lebih banyak lagi. Padahal cukup saja setel AC di suhu 22 derajat ke atas.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Sering Diabaikan Saat Membeli Mobil Baru

3. AC gak usah dimatikan kalau mau ditinggalkan sebentar saja

4 Kesalahaan Saat Memakai AC yang Bikin Listrik Terkuras

Dengan alasan irit, kebanyakan orang lebih mematikan dulu AC-nya saat mau meninggalkan ruangan sebentar, setelah itu nyalakan lagi. Kelakuan seperti itu sebenarnya salah kaprah.

Padahal menyalakan dan mematikan AC dalam interval waktu yang relatif singkat dapat memakan listrik lebih banyak lagi. Karena ketika AC dinyalakan kembali, AC butuh tenaga ekstra untuk menghasilkan suhu dingin dalam waktu sekejap.

4. Tidak menyesuaikan AC dengan kondisi cuaca

4 Kesalahaan Saat Memakai AC yang Bikin Listrik Terkuras

Foto: bangun-rumah.com

Hal yang sering dihiraukan para pemilik AC yaitu tidak menyetel suhu AC dengan kondisi cuaca. Kamu seharusnya menyetel mode AC sesuai kondisi cuaca.

Misalkan pas cuaca sedang panas, pasti kamu menyetel AC dalam mode cool biar suhu ruangan cepat dingin. Sah-sah saja sih, cuma mode cool dapat menyedot listrik lebih banyak.

Setelah suhu ruangan berasa dingin, ubah AC nya jadi mode dry. Pada mode ini kipas AC akan berputar lebih lambat dan tidak akan terlalu memakan tenaga banyak.

To Top