in

Kenapa HP di Batam Sangat Murah? Ini Alasannya

Kenapa HP di Batam Sangat Murah? Ini Alasannya

Pernah dengar ungkapan “HP di Batam sangat murah?” Jika pernah, ungkapan itu bukan sekedar mitos tapi benar-benar begitu apa adanya. Ponsel yang dijual di Batam memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang ponsel yang dijual di kota lainnya di Indonesia.

Ingin tahu alasan kenapa HP di Batam dijual sangat murah? Untuk mengetahui jawabannya, simak pembahasannya berikut ini yang dilansir Wow Menariknya dari berbagai sumber.

1. Kota bebas perdagangan Indonesia

Kenapa HP di Batam Sangat Murah? Ini Alasannya
Foto: kemdikbud.go.id

Batam adalah kota yang unik. Kota ini masuk dalam Indonesia Free Trade Zone atau kawasan bebas perdagangan Indonesia. Oleh karena itu setiap barang yang masuk ke sana akan terbebas dari bea dan cukai.

Baca Juga: 10 Smartphone di Bawah 5 Jutaan dengan Spesifikasi Tinggi

2. Bukan barang selundupan

Kenapa HP di Batam Sangat Murah? Ini Alasannya 1
Foto: semuatipe.com

Karena memiliki harga yang murah dan bebas dari bea cukai, bukan berarti barang yang masuk ke Batam adalah barang selundupan. Perlu diketahui, barang yang masuk, termasuk smartphone adalah barang resmi, bukan selundupan. Namun kebanyakan hp yang dijual adalah barang bekas.

3. Ada HP original dan KW

Kenapa HP di Batam Sangat Murah? Ini Alasannya 2
Foto: oomph.co.id

Hati-hati jika beli HP di Batam karena tak semua ponsel original, sebagian ada yang menyandang merek ternama tapi hanya KW. Meskipun demikian, banyak pula HP original yang dijual para pedagang, tapi kebanyakan HP-nya second tanpa box dan aksesoris pendukung.

Baca Juga: 5 Fitur Rahasia Smartphone Ini Sangat Berguna Sekali

4. Tidak bisa memborong HP

Kenapa HP di Batam Sangat Murah? Ini Alasannya 3
Foto: twitter.com

Jangan pikir kalian bisa membawa uang banyak ke Batam lalu memborong semua HP. Ternyata ada batasan maksimal ponsel yang bisa kalian beli.

Jika kalian membeli HP di Batam, kalian hanya bisa membeli ponsel paling banyak 5 unit, 2 ponsel dibawa dan 3 dimasukan ke dalam bagasi. Jika kalian membawa HP lebih dari itu, kalian bisa dianggap sebagai penyelundup.

5. Dikenakan pajak jika beli secara online

Kenapa HP di Batam Sangat Murah? Ini Alasannya 4
Foto: inovasee.com

Bagaimana kalau beli HP di Batam via online shop? Boleh saja, tapi kalian akan dikenakan pajak sebesar Rp 200 ribu per unit HP. Hal itu terjadi karena setiap barang yang dikirim dari Batam akan dikenakan pajak oleh pihak ekspedisi pengiriman, tapi itu sudah termasuk ongkos kirim.

Nah begitulah alasan kenapa HP yang dijual di Batam sangat murah. Namun sayangnya kebanyakan HP yang dijual adalah second dan bahkan ada yang KW.

Loading...
Loading...