in

Kapan Harus Ganti Baterai Laptop?

Baterai laptop Asus

Harga Laptop Asus Terbaru memiliki beberapa varian harga dengan spesifikasi yang beragam. Dimulai dari dibawah 10 juta sampai diatas 10 juta. Sebelum membeli, perlulah memilah dan memilih jenis laptop mana yang sesuai kebutuhan Anda.

Selain itu juga perlu mempertimbangkan spesifikasi maupun fitur-fitur lainnya. Jangan sampai laptop yang baru dibeli justru bermasalah dan menghambat aktivitas Anda. Perhatikan juga perihal baterai laptop tersebut, pastikan kualitasnya bagus dan memiliki kapasitas daya yang besar.

Ciri-Ciri Baterai Laptop Harus Diganti yang Baru

Saat ini memang sedang maraknya baterai dengan daya tahan yang cukup lama serta pengisian daya yang over change. Jika baterai laptop masih menggunakan yang lama, biasanya pengisian daya sudah mulai terganggu. Untuk lebih jelasnya Anda pun perlu mengetahui waktu kapan baterai laptop harus diganti. Berikut adalah penjelasannya.

1. Perubahan Daya Simpan

Hal yang bisa Anda rasakan secara langsung ialah perubahan daya simpan yang menurun secara signifikan. Biasanya, gejala awalnya ialah baterai cepat sekali penuh saat diisi. Bahkan dalam hitungan menit bisa langsung membuatnya full 100%.

Tetapi juga sebaliknya, ketika dipakai tanpa charger,daya baterai cepat sekali habis. Contohnya ialah, jika saat ini 100%, maka dalam hitungan beberapa menit saja daya baterai sudah 80% dan akan terus anjlok seperti itu.

Secara umum, yang jelas baterai cepat sekali habis dibandingkan saat pertama kali membelinya. Jika sudah seperti itu dan laptop sudah memasuki tahap-tahap kerusakan lainnya, alangkah lebih baiknya Anda pun perlu melihat-lihat harga laptop Asus terbaru sebagai referensi untuk membeli laptop baru. Ya, sebaiknya jangan tunggu laptop rusak total baru memikirkan laptop baru, sebab data-data penting di laptop lama harus segera dipindahkan ke laptop baru.

Baca Juga: Perhatikan 6 Hal Ini Saat Membeli Laptop Agar Tidak Menyesal

2. Perubahan Fisik Baterai

Bukan hanya baterai handphone yang bisa mengembang, tetapi baterai laptop juga bisa mengalami pembengkakan. Jika menggunakan baterai lepas atau baterai konvensional, lebih baik dicabut dan dilihat secara keseluruhan dulu untuk memastikan adanya pembengkakan atau tidak.

Jika mengalami pembengkakan biasanya akan sulit untuk memasang baterainya kembali. Dengan begitu, maka Anda harus selalu memasang colokan charger setiap kali laptop sedang digunakan karena baterai tidak bisa dipasang.

3. Pengisian Daya Baterai yang Tidak Sempurna

Pengisian daya yang tidak sempurna maksudnya ialah pengisian baterai yang tidak pernah mencapai 100%. Kasusnya ialah ketika kita mengisi daya, persentase baterai tidak mau naik sampai 100% dan hanya stuck di bawah angka 100% walaupun sudah dicas berjam-jam.

Baterai yang KW atau imitasi biasanya sering mengalami kasus seperti ini. Jika dicharging hanya bertahan di angka 20% atau 65% saja. Namun, setelah baterai dicabut dan dipasang kembali,pengisian daya bisa sampai 100%. Tetapi, hal tersebut tidak bertahan lama, karena masalah akan tetap terulang.

Menggunakan baterai atau laptop imitasi sebenarnya merugikan diri kita sendiri walaupun harganya sedikit murah. Kualitasnya yang rendah memungkinkan ke depannya akan memunculkan masalah-masalah. Maka dari itu, cobalah untuk selalu membeli barang asli dengan melihat harga laptop Asus terbaru yang saat ini sedang diincar di pasaran.

4. Indikator

Cara terakhir untuk melihat baterai laptop perlu diganti atau tidak ialah dengan memperhatikan munculnya tanda silang warna merah pada indikator baterai di windows. Apabila di-klik, maka akan muncul peringatan ‘battery not connected’ atau ‘replacing your battery’.

Tetapi, tidak semua tanda tersebut mengartikan baterai rusak dan perlu diganti. Kadangkala hal ini bisa saja disebabkan adanya kerusakan di mainboard sehingga menyebabkan baterai tidak terdeteksi.

Terkadang, membeli laptop baru pun lebih diperlukan dibandingkan dengan membeli baterai yang baru. Maka dari itu, Anda pun sebaiknya melihat-lihat katalog harga laptop Asus terbaru seperti laptop Asus Zenbook agar bisa menyiapkan budget untuk membelinya. Lagi pula Anda tidak perlu repot-repot berbelanja langsung. Sudah ada Bukalapak.com yang bisa dimanfaatkan untuk berbelanja berbagai kebutuhan, termasuk membeli laptop.

Loading...