in

Inilah 4 Senapan Buatan Indonesia yang Mendunia

Tidak banyak yang tahu kalau Indonesia memiliki perusahaan yang memproduksi senjata-senjata berkelas internasional. Perusahaan yang dimaksud adalah PT Pindad, pernah dengar? PT Pindad merupakan satu-satunya produsen alat utama sistem pertahan (alutsista) di Indonesia.

Senjata-senjata yang diproduksi oleh PT Pindad banyak digunakan oleh angkatan militer Indonesia. Tapi percaya tidak, beberapa senapan buatan PT Pindad ada yang mendunia dan bahkan diakui kehebatannya oleh dunia internasional. Tak hanya digunakan TNI, beberapa senjata buatan anak bangsa ini ada juga yang digunakan oleh angkatan militer Malaysia, Myanmar, Filipina, Kamboja dan masih banyak lagi.

Berikut ini ada daftar senapan buatan Indonesia yang kehebatannya mendunia. Beberapa di antaranya pernah menjuarai kompetisi internasional.

loading...

1. SSBA (Senapa Serbu Bawah Air)

kaskus.co.id

SSBA merupakan salah satu senjata terobosan terbaik PT Pindad. Untuk membuat senapan canggih yang bisa digunakan di bawah air ini, PT Pindad bekerja sama dengan Dinas Penelitian dan Pengembang (Dislitbang) TNI Angkatan Laut.

Baca Juga: 5 Senjata Rahasia Nazi Yang Paling Mematikan

Dengan menggunakan peluru kaliber 5,66 x 150 mm, membuat peluru SSBA dapat bekerja dengan sangat baik di bawah air. Di kedalaman 5 meter, jarak efektifnya mencapai 20-30 meter. Untuk di kedalaman 20 meter, jarak efektifnya mencapai 10-20 meter, dan 5-10 meter di kedalaman 40 meter. SSBA sangat efektif digunakan di darat dan juga di dalam air.

2. SS4

militerhankam.com

SS4 buatan Pindad disebut-sebut mampu mengalahkan senapan serbu paling terkenal di dunia, yakni AK-47 buatan Rusia. SS4 memiliki peluru dengan kaliber 7,62 x 51 mm, sementara AK-47 memiliki peluru dengan kaliber 7,62 x 39 mm. Dari jarak tembak efektif, SS4 juga lebih unggul dibandingkan dengan AK-47. SS4 mampu menembak dengan jarak efektif 600-800 meter, sedangkan AK-47 hanya 300 meter.

3. SPR 2

tribunnews.com

SPR 2 dirancang sebagai senapan sniper yang memiliki jangkauan tembak sampai 2 kilometer. Senjata ini diklaim mampu menembus tank baja karena di balik amunisinya terdapat peledak yang dapat menghancurkan kendaraan dalam hitungan detik saja. Karena kemampuannya itu, SPR 2 sempat membuat heboh dunia internasional.

Baca Juga: 10 Senjata Sniper Paling Mematikan di Dunia

4. SS 2

youtube.com

Senapan yang satu ini digunakan oleh Angkatan Darat Indonesia. SS-2 merupakan pengembangan dari SS-1 yang memiliki tingkat keakuratan jauh lebih tinggi dibandingkan versi sebelumnya. SS-2 juga jauh lebih ringan.

SS-2 disebut-sebut memiliki semua standar internasional (NATO) dengan ukuran amunisi 5.56 x 45 mm dan mampu menembakan 700 peluru setiap menitnya. Berkat senjata ini, TNI pernah menjuarai lomba menembak antar negara Australia Army Skill-At-Arms Meeting (AASAM).

loading...
Loading...
Loading...