in

Ini Perbedaan Darknet dengan Deep Web

Ini Perbedaan Darknet dengan Deep Web
Ilustrasi (Foto: bizjournals.com)

Tahukah Anda kalau internet yang digunakan sehari-hari itu hanya sebagian kecil dari sebagian besar bagian internet yang sebenarnya? Internet yang selama ini kita gunakan sering disebut Surface Web, sementara itu ada bagian lain yang jauh lebih besar dari Surface Web, yakni Deep Web dan Darknet.

Deep web kerap disamakan dengan Darknet. Meskipun keduanya memiliki kesamaan, namun keduanya memiliki perbedaan yang spesifik. Ada perbdaan yang cukup jelas antara Deep Web dan Dark Net.

Deep Web merupakan bagian dalam internet yang terdiri dari halaman web, toko online, dan forum yang tersembunyi dan tidak dapat diakses oleh mesin pencari seperti Google dan Bing.

loading...

Perbedaan Darknet dengan Deep Web.

Ini Perbedaan Darknet dengan Deep Web
Foto: ucsd.libguides.com

Biasanya Deep Web menggunakan protokol standar seperti HTTP/HTTPS sehingga kamu masih bisa mengakses Deep Web menggunakan browser umum, seperti Chrome, Firfeox, Opera atau Safari.

Baca Juga: 5 Hal Mengerikan Yang Mungkin Anda Temukan Jika Masuk Deep Web

Sementara Darknet atau Dark Web itu mirip dengan Deep Web yang terdiri dari banyak situs, toko online dan forum yang tidak bisa diakses oleh mesin pencari. Jika diibaratkan laut, Darknet jauh lebih dalam lagi dibandingkan dengan Deep Web.

Perbedaannya Darknet tidak bisa diakses dengan browser umum, melainkan harus menggunakan browser khusus seperti Tor Browser. Browser ini biasanya digunakan oleh para peretas untuk menyamarkan dirinya ketika memasuki Darknet.

Baik Deep Web dan Darknet, keduanya sering digunakan untuk melakukan aktivitas ilegal, seperti menjual barang dan jasa terlarang.

Di kalangan cyber, Darknet lebih populer dibandingkan dengan Deep Web karena memberikan anonimitas yang lebih.

loading...
loading...
Loading...
Loading...