Tekno

Ini Orang Indonesia Pertama yang Memiliki Mobil

Ini Orang Indonesia Pertama yang Memiliki Mobil

Mobil zaman dulu dan sekarang tentu jauh berbeda. Mobil dulu bentuknya mirip-mirip becak dengan empat roda dan belum ada atapnya. Berbeda dengan mobil sekarang yang serba canggih dan bahkan ada yang sudah bisa auto pilot atau nyetir sendiri.

Berbicara soal mobil, siapa sih orang pertama di Indonesia yang memiliki mobil? Dilansir dari salah satu sumber, orang Indonesia pertama yang memiliki mobil adalah Sunan Solo.

Beliau membeli mobil bermerek Benz tipe Carl Benz pada tahun 1984. Mobilnya memiliki roda empat dan juga belum punya atapnya. Jika diperhatikan lebih mirip seperti delman.

Baca Juga: Ada yang Tahu Kenapa Tulisan Mobil Ambulance Terbalik?

Ini Orang Indonesia Pertama yang Memiliki Mobil

Foto: earlyamericanautomobiles.com

Setidaknya perlu waktu sampai satu tahun untuk membeli mobil ini karena tahap awalnya harus pesan dulu. Sebab mobil ini ketika ada yang memesan, harus dibuat dulu dan pembuatannya memakan waktu sampai satu tahun.

John C. Potter, salah seorang penjual mobil, mendapat kepercayaan untuk mengurus pengiriman mobil untuk Sunan Solo dari Eropa. Tipe mobil ini memang hanya bisa dibeli oleh orang-orang kaya.

Selain Sunan, ada raja lain dari Solo yang membeli mobil, yakni Kanjeng Raden Sosrodiningrat. Beliau membeli mobil bermerek Daimler pada tahun 1907.

Mobil ini juga tergolong sangat mahal dan hanya bisa dimiliki oleh orang-orang yang punya kedudukan tinggi. Mobil tersebut setidaknya memiliki empat silinder sama seperti yang dipakai Gubernur Jenderal di Batavia.

Kala itu mobil di Indonesia masih sangat-sangat langka. Kebanyakan orang masih menggunakan keretek sebagai alat transportasi darat jarak dekat.

To Top