in

Ilmuwan: Sehari di Bumi Semakin Terasa Lama

Ilmuwan: Sehari di Bumi Semakin Terasa Lama
Bumi dan bulan (Daily Mail)

Daya tarik yang melemah antara Bumi dan Bulan telah menyebabkan putaran planet ini (rotasi) jadi lebih lambat dan memakan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan rotasi sampai 360 derajat. Hal itu dikarenakan bulan melayang semakin jauh dari Bumi yang akibatnya gravitasi jadi berkurang.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences, menjelaskan bahwa sekitar 1,4 miliar tahun yang lalu, satu hari di Bumi hanya berlangsung selama 18 jam saja. Para peneliti menemukan jarak bulan yang sangat dekat dengan Bumi jadi penyebab waktu terasa pendek.

Semakin kuat jarak bulan ke permukaan planet, maka akan semakin kuat tarikan gravitasinya dan akan membuat bumi berputar lebih cepat.

Baca Juga: Fakta-Fakta Mengejutkan Tentang Inti Bumi Yang Sangat Panas

Profesor Stephen Meyers, penulis studi tersebut dari University of Wisconsin-Madison, mengatakan, “Ketika bulan bergerak menjauh, Bumi bagaikan seorang pemain skating yang berputar lebih lambat ketika mereka merentangkan tangan mereka keluar.”

Profesor Meyers telah berusaha mencatat bagaimana hubungan antara Bumi dan bulan yang telah berubah seiirng berjalannya waktu. Dia dan rekan penulisnya menggunakan metode statistik yang rumit yang menghubungkan teori astronomi dan pengamatan geologi yang disebut astrochronology.

Dengan menggunakan metode ini, mereka dapat melihat kembali masa lalu geologis Bumi dan merekontruksi sejarah tata surya.

Bulan bergerak menjauh 1,5 inci per tahun.

Ilmuwan: Sehari di Bumi Semakin Terasa Lama
Foto: Daily Mail

Menurut catatan dari hasil penelitiannya, menjelaskan bahwa bulan saat ini bergerak menjauh dari Bumi dengan laju 1,5 inci per tahun.

Baca Juga: Begini Gambaran Menakjubkan Pemandangan Sunrise Di Planet Lain

Selama miliaran tahun, waktu telah berubah secara signifikan di Bumi karena Tata Surya memiliki banyak benda yang begerak, termasuk planet lain yang mengorbit matahari.

Dengan menggunakan perhitungan ini, tim peneliti menemukan bahwa sekitar 1,5 miliar tahun lalu, jarak bulan dan Bumi jauh lebih dekat dibandingkan dengan sekarang. Sehingga membuat gravitasi Bumi jadi lebih kuat.

Karena bulan diklaim semakin menjauh dari Bumi, waktu sehari pun otomatis akan semakin panjang. Tapi tidak dijelaskan berapa banyak waktu bertambah dalam sehari di planet ini. Bagaimanapun, penelitian ini belum bisa dianggap benar karena masih banyak kekurangan bukti.