in

4 Hal Mendasar yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Website

4 Hal Mendasar yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Website
Foto: pexels.com

Situs web atau website bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan. Ada yang untuk menyajikan berita dan informasi, jualan online, menawarkan jasa dan masih banyak lagi. Pada intinya, website sangat cocok untuk dijadikan bisnis di era digital ini.

Jika Anda sedang berniat membuat website, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal mendasar berikut ini sebelum membuat website. Agar nantinya website Anda bisa menunjukkan performa terbaik.

Loading...

1. Tentukan dulu niche website Anda

Sebelum membuat website, tentunya Anda harus menentukan apa niche atau tema website Anda, apakah untuk situs berita, artikel kesehatan, teknologi, jualan online dan sebagainya. Website yang memiliki niche bagus, lebih diperhatikan lagi oleh Google nantinya sehingga banyak artikel yang tayang dihalaman pertama mesin pencarian Google. Pengunjung pun akan lebih mudah menemukan topik yang mereka cari di website Anda.

2. Tentukan domain website Anda

Langkah kedua, Anda harus memikirkan domain atau alamat situs web Anda. Pastikan memilih domain yang bagus, unik, mudah diingat dan jangan terlalu panjang. Sesuaikan nama domain dengan niche website Anda agar mudah dikenali oleh pengunjung nantinya.

3. Pilih hosting terbaik

Untuk membuat website, tentunya Anda perlu hosting donk. Nantinya hosting ini akan digunakan untuk menyimpan data-data website Anda, seperti artikel, foto, video dan sebagainya. Jangan lupa, setiap hosting memiliki spek yang berbeda-beda, jika pengunjung semakin banyak, maka hosting yang digunakan pun harus semakin besar.

Ada banyak sekali layanan hosting lokal maupun luar negeri. Namun tak semuanya memiliki kualitas bagus. Jika Anda memilih hosting yang tidak tepat, akibatnya nanti web sering bermasalah, seperti down atau error. Kami rekomendasikan menggunakan hosting di IDwebhost karena memiliki kualitas bagus dan harga yang terjangkau.

Di IDwebhost ada beberapa paket hosting yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan website Anda. Anda juga bisa mendapatkan domain dan SSL gratis.

4. Pilih template yang simple tapi elegan

Sampai di hosting, tentunya Anda sudah bisa membuat website. Tapi ada hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu template website Anda. Pilihlah template yang simple dan sederhana tapi terlihat elegan. Jangan memasang template yang terlalu berat karena nantinya pengunjung jadi tidak betah. Untuk mencari template yang bagus, ada banyak kok di Mbah Google juga. Kualitas terbaik pasti berbayar.

Itulah hal mendasar yang harus Anda perhatikan sekali sebelum membuat website. Meskipun sederhana, jangan abaikna empat hal di atas.

loading...
Loading...
Loading...