Tekno

Cara Mudah Mengatasi Virus di Smartphone Android

Cara Mudah Mengatasi Virus di Smartphone Android

Sangat mengesalkan bukan kalau smartphone Android sudah terkena virus. Biasanya Android yang terkena virus suka lemot kinerjanya padahal memory kosong, muncul iklan tiba-tiba atau ada beberapa aplikasi yang jadi tidak bisa dibuka.

Ada beberapa alasan kenapa virus bisa menjangkit smartphone kamu, umumnya kamu menginstal aplikasi bajakan di situs-situs tertentu. Aplikasi tersebut ternyata membawa virus, jadi ketika diinstal, otomatis virusnya akan menyebar.

Lumayan sulit mengatasi virus di smartphone Android itu. Meskipun berbagai macam upaya sudah dikerahkan untuk membersihkan virus, tetap saja virusnya muncul lagi, muncul lagi.

Buat kamu yang merasa smartphonenya terkena virus, berikut kami ulas beberapa cara mudah mengatasi virus di Android.

Baca Juga: 10 Smartphone di Bawah 5 Jutaan dengan Spesifikasi Tinggi

1. Gunakan anti-virus

Cara Mudah Mengatasi Virus di Smartphone Android

Tidak semua aplikasi anti-virus di Android bekerja dengan baik. Malahan ada sebagian anti-virus yang malah semakin membuat berat smartphone kamu atau dia juga membawa virus. Jadi kamu harus hati-hati ketika memilih anti-virus.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi anti-virus Andorid yang memiliki kinerja baik:

  • Avast Mobile: Bisa membersihkan RAM, menghapus cache, cleaner, scan virus dan masih banyak lagi. Kamu cukup jalankan scan di aplikasi ini, nanti kalau ada virusnya akan ketemu, kemudian kamu bersihkan.
  • Kaspersky Mobile Antivirus: Dengan aplikasi ini, kamu bisa memindai virus lalu membersihkannya. Agar tidak terkena virus lagi, kamu bisa mengaktifkan fitur proteksi virus.

2. Masuk ke Safe Mode

Cara Mudah Mengatasi Virus di Smartphone Android

Jika dengan menggunakan anti-virus belum mempan, cara lain yang bisa kalian gunakan adalah dengan masuk ke Safe Mode.

Cara masuknya berbeda-beda, ada yang menekan tombol power dan volume secara bersamaan, tapi umumnya cukup menekan tombol Power untuk merestar HP, dan tekan tulisan Power Off yang muncul di layar.

Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk iPhone/iPad

Saat masuk ke Safe Mode, semua aplikasi yang diinstal akan hilang sementara, tapi jangan khawatir aplikasimu masih ada ketika Safe Mode dinonaktifkan. Dengan begini, kamu akan lebih mudah menemukan aplikasi mana yang terjangkit virus.

  • Pertama-tama masuk menu Setting > App > Pilih Tab Download.
  • Tidak semua aplikasi yang kamu instal akan muncul, yang muncul hanyalah aplikasi bawaan pabrik. Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga.
  • Tapi di sini virus akan dianggap sebagai aplikasi pihak ketiga oleh sistem, maka akan muncul aplikasi asing mencurigakan yang tidak pernah kita instal.
  • Jika menemukan aplikasi seperti itu, kamu cukup uninstall saja. Jika tidak bisa di-uninstall, itu berarti aplikasinya diberikan hak administrator.
  • Untuk menghapus hak administrator pada aplikasi yang ada virusnya itu, masuk ke Setting > Security Device Administrator. Kemudian cabut akses administrator pada aplikasi bersangkutan.
  • Setelah selesai, tinggal keluar dari Safe Mode dengan merestar HP kamu.

3. Pengaturan Ulang Pabrik

Cara Mudah Mengatasi Virus di Smartphone Android

Jika kedua cara di atas tidak mempan dan HP kamu masih ada virusnya, tidak ada cara lain selain mengatur ulang smartphone kamu ke setelan awal pabrik. Namun perlu diingat, melakukan pengaturan ulang pabrik bisa menghapus semua data aplikasi yang tersimpan. Jadi disarankan backup dulu.

Sebelum mengatur ulang Android ke setelah awal pabrik, backup dulu datamu. Caranya masuk ke Setting > Buat Cadangan dan Setel Ulang. Kamu backup dulu biar datanya tidak hilang dan bisa dengan mudah dikembalikan lagi setelah disetel ulang.

Setelah itu, kamu pilih Setel UlangFactory Reset > Konfirmasi. Tunggu beberapa saat, nanti HP kamu akan otomatis restart dan selesai. Cara ini biasanya dapat membersihkan virus secara total.

Sekian pembahasan dari kami tentang cara mengatasi virus di smartphone Android. Semoga tips ini bermanfaat buat kamu yang lagi galau karena HP-nya terkena virus.

To Top