in

Berapa Kekayaan Pengunggah Video Pertama di YouTube?

Sudah lebih dari 13 tahun, Me at the Zoo menjadi video pertama yang diunggah ke YouTube. Video berdurasi 18 detik ini menampilkan Jawed Karim, co-founder situs YouTube, sedang berdiri di depan sekelompok gajah di Kebun Binatang San Diego.

Video tersebut diunggah oleh Karim pada 23 April 2005 silam. Awalnya Karim mendirikan YouTube sebagai situs kencan. Tapi siapa sangka situs yang didirikannya akan mengubah dunia. Sampai sekarang Me at the Zoo sudah dilihat lebih dari 52 juta kali.

Karim lahir di Merseburg, Jerman Timur pada tahun 1979. Ayahnya, Naimul Karim adalah seorang Muslim asal Bangladesh yang bekerja sebagai peneliti, sementara ibunya adalah seorang instruktur Kimia di Minnesota University. Kemudian Karim pergi ke Amerika pada tahun 1992 dan belajar di University of Illinois.

Dia bekerja sama dengan sesama pendiri YouTube, Chad Hurley dan Steve Chen yang bekerja di PayPal. Kemudian pada tahun 2005, mereka meluncurkan situs video.

YouTube yang awalnya dibangun sebagai situs web kencan memiliki sedikit sekali pengguna. Biaya server yang disewa untuk menyimpan video berkisar 100 dolar per bulan atau sekitar 1,3 juta rupiah.

Baca Juga: 10 Potret Lana Rose, YouTuber Seksi Asal Dubai Penggemar Mobil Sport

Menurut Motherboard Vice Magazine, seperti dikutip Al Arabiya, Karim mengatakan bahwa ia sebelumnya sempat mengunggah video pesawat lepas landas hanya untuk mengisi konten website yang sepi pengunjung.

“Kami tidak memiliki video apa pun. Menyadari ada video lebih baik dari pada tidak ada sama sekali, aku mengisi situs kencan itu dengan video-video 747 yang sedang lepas landas atau mendarat,” kata Karim.

“Kami sangat putus asa untuk beberapa video kencan, apapun itu, kami beralih ke situs web setiap orang yang putus asa, Craiglist,” tambahnya.

Karim tak mau lagi mengurusi YouTube, kemudian Google membeli situs tersebut dengan harga US$ 1,65 miliar (Rp 23,7 triliun). Karim yang tak terlalu peduli dengan uang, ia hanya mendapat bagian sebesar $36,6 juta (Rp 525,6 miliar).

Dia menghapus video pesawat dari YouTube, tapi tetap membiarkan video di kebun binatang itu. Me at the Zoo akan menjadi bukti seorang anak muda yang tidak tahu betapa besar proyek yang sedang dijalankannya.

Berikut cuplikan video pertama di YouTube: