Tekno

Bahaya Membeli Motor Bodong yang Jarang Disadari

Bahaya Membeli Motor Bodong yang Jarang Disadari

Perusahaan sepeda motor setiap tahunnya selalu meluncurkan satu unit sepeda motor model terbaru, bahkan ada yang mengeluarkan 3 sampai 4 unit model baru setiap tahunnya

Para pecinta otomotif pun akan lapar mata bila unit-unit sepeda motor terbaru keluar. Bukan sekedar ingin mengupgrade saja, tapi ada juga yang memang benar-benar butuh motor sebab yang lama udah jadul.

Tapi karena budget minim, membeli motor bekas dengan harga murah pun akan menjadi jalan pintas. Tak jarang pembeli motor bekas tidak menghiraukan kelengkapan surat-surat tanda kepemilikan yang sah apalagi dengan diiming-imingi harga murah.

Baca Juga: Lihat Kepribadian Cewek dari Cara Duduk Saat Dibonceng Naik Motor

Motor bekas yang tidak dilengkapi surat-surat sering dikenal dengan istilah motor bodong. Walaupun harganya sangat murah, tapi banyak yang tidak menyadari bahaya di balik membeli motor bodong.

Membeli motor tanpa dilengkapi surat-surat bisa membuatmu dipenjara.

Bahaya Membeli Motor Bodong yang Jarang Disadari

Kita tidak pernah tahu asal muasal sepeda motor yang kita beli dari penjual. Kemungkinannya sangat besar bahwa sepeda motor tersebut adalah hasil curian.

Ketika kamu membeli sepeda motor yang tidak dilengkapi surat-surat berarti kamu sudah menampung atau menadah barang curian.

Baca Juga: 11 Potret Tak Biasa Ketika Motor Ninja Dipake Jualan

Sebab kamu tahu bahwa sepeda motor yang sah adalah sepeda motor yang dilengkapi surat-surat lengkap.

Maka dari itu jangan coba-coba membeli sepeda motor yang tidak dilengkapi dokumen dan surat-surat kepemilikan yang sah.

Kamu bisa dituduh sebagai penadah barang curian dan dikenakan Pasal 480 KUHP Tentang Penadahan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Tentunya kamu tidak ingin kan maksud hati ingin bergaya pakai motor baru malah nongkrong di bui selama 5 tahun kan? Lain kali berpikirlah sebelum membeli motor bekas atau bodong yang tidak ada surat-suratnya.

To Top