in

Aplikasi Edit Foto di PC Untuk Pemula Hingga Profesional

Semakin tingginya popularitas media sosial, semakin tinggi pula minat seseorang dalam dunia fotografi. Pasalnya setiap orang pasti ingin memiliki hasil foto yang sangat bagus sekelas fotografer profesional.

Namun karena kemampuan dan peralatan yang terbatas, digunakanlah aplikasi edit foto untuk memperbagus foto dengan berbagai macam efek yang keren. Jika tidak suka dengan aplikasi edit foto di smartphone yang fiturnya terbatas, barang kali Anda bisa mencoba mengunduh beberapa aplikasi edit foto di PC atau laptop.

Kemampuan masih terbatas? Jangan khawatir, dalam artikel ini WowMenariknya.com sudah menyajikan beberapa aplikasi edit foto di PC yang cocok untuk pemula hingga kelas profesional.

1. Untuk pemula hingga menengah: Adobe Lightroom

Aplikasi edit foto di PC untuk pemula

Adobe Photoshop Lightroom sangat cocok buat kamu yang baru pertama kali belajar edit foto. Jangan langsung ke versi Photoshop profesional, sebaiknya coba dulu Adobe Lightroom.

Aplikasi ini dibagi menjadi dua, yakni versi CC dan Klasik. Untuk versi Klasik memang dikhususkan untuk desktop dan berfokus pada antarmuka mouse-keyboard. Sementara untuk versi CC lebih cocok untuk di smartphone.

Adobe Lightroom memiliki menu dan alur kerja yang mudah dipahami dibandingkan dengan Photoshop. Anda juga dapat mengunduh tool secara gartis lalu menambahkan ke aplikasi ini sesuai kebutuhan Anda. Intinya Lightroom lebih berfokus pada pengedit foto, seperti ukuran, intensitas cahaya dan masih banyak lagi.

2. Untuk profesional: Adobe Photoshop

Aplikasi edit foto di PC untuk pemula

Jika Anda sudah merasa memiliki kemampuan edit foto kelas profesional, baru Anda bisa menggunakan Adobe Photoshop. Sudah tidak perlu dijelaskan lagi bagaimana hasil foto editan Photoshop. Ya, aplikasi ini mampu membawa imajinasi ke dalam dunia fotografi.

Ada banyak fitur dan tool yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan editan yang diinginkan. Hanya saja Anda harus paham betul setiap fungsi fitur dan tool yang ada di Photoshop. Semakin tinggi pengalaman Anda dalam menggunakan Photoshop, semakin tinggi pula kemampuan Anda dalam mengedit foto.

3. Aplikasi edit foto sekali bayar: Affinity Photo

Aplikasi edit foto di PC untuk pemula

Dua aplikasi Adobe di atas memang berbayar dan Anda wajib membayarnya setiap bulan atau ketika ada pembaruan baru. Namun jika Anda benci berlangganan dan ingin aplikasi edit foto sekali bayar serta memiliki fitur secanggih Photoshop, Anda bisa mencoba mengunduh Affinity Photo.

Cara menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah, tak beda jauh dengan Adobe Photoshop. Ada pengeditan RAW, lukisan digital dan memiliki efek filter yang banyak. Tak hanya itu, antarmuka aplikasi ini mirip sekali dengan Adobe Photoshop. Jika Anda sudah benar-benar pandai menggunakan aplikasi ini, maka hasil editan fotonya akan tampak seperti hasil editan Photoshop.