in ,

Apakah Kamu Kecanduan Media Sosial? Jawab 8 Pertanyaan Ini Dulu!

Apakah Kamu Kecanduan Media Sosial? Jawab 8 Pertanyaan Ini Dulu!

Media sosial sudah jadi kebutuhan setiap manusia di zaman modern ini. Rasanya seperti tidak ada kehidupan bila tidak membuka akun medsos walau hanya satu menit saja. Lalu pernah tidak bertanya dalam hati, apakah diriku sudah kecanduan media sosial atau tidak?

Pasti kamu bingung menjawabnya atau mungkin kamu merasa tidak diperbudak media sosial meski kenyataannya kamu begitu lengket dengan medsos. Mudah saja untuk mengetahui apakah kamu kecanduan media sosial atau tidak.

Cukup jawab pertanyaan di bawah ini yang sudah disedikan Wow Menariknya dalam hati kamu, dan kamu simpulkan sendiri.

1. Berapa jarak waktu membuka medsos?

Anggap saja kamu sedang santai! Jika kamu membuka medsos antara jarak waktu hitungan menit sampai 15 menit sekali, kamu sangat kecanduan sekali dengan medsos.

Bila kamu membuka medsos antara jarak waktu 30 menit sampai satu jam sekali, kamu berada di posisi tengah-tengah.

Namun bila kamu membuka medsos setiap satu jam ke atas sekali, berarti kamu tidak kecanduan medsos. Kamu sudah bisa menggunakan medsos dengan bijak.

2. Seberapa lama kamu melihat medsos?

Pertama, ada yang membuka medsos selama hitungan menit saja lalu menutupnya meski tidak ada notif apa-apa. Kedua, ada juga yang cukup lama sampai fokus sekali melihat timeline di medsos. Ketiga, ada yang melihat medsos ketika ada notifikasi atau pesan saja.

Jika kamu merasa masuk dalam golongan yang pertama, berarti medsos sudah melekat dalam pikiran kamu. Bila masuk golongan kedua, kecanduan kamu akan medsos benar-benar memprihatinkan. Dan jika masuk golongan ketiga, kamu tidak kecanduan medsos.

3. Apakah kamu selalu membawa ponsel ke mana saja?

Memang tidak mungkin melepaskan ponsel ketika kamu berpergian ke luar. Kita ambil saja sampel di dalam rumah, apakah setiap kamu pindah ruangan di rumah, kamu selalu membawa ponsel? Jika iya, berarti kamu kecanduan medsos.

Sebab, orang yang terbiasa berlama-lama memegang ponsel cenderung lebih sering membuka medsos ketimbang orang yang jarang memegang ponsel.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Agar Terhindar Dari Kejahatan Media Sosial

4. Apakah kamu orang narsis?

Jika kamu merasa narsis alias suka selfie dengan berbagai macam pose atau suka memfoto segala sesuatu, kemungkinan besar kamu sudah kecanduan medsos. Pasalnya ada alasan kenapa kamu narsis, yaitu ingin mengunggah fotonya ke medsos.

5. Apakah kamu lebih sering berinteraksi dengan teman?

Seandainya kamu merasa lebih banyak menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan orang lain ketimbang berinteraksi di medsos, kamu tidak kecanduan medsos. Tapi bila sebaliknya, kecanduannya sudah tahap kronis.

6. Apakah kamu suka berharap mendapat like banyak?

Bila dalam hati kamu suka berharap mendapat banyak like dan komentar setiap memposting segala sesuatu di media sosial, mungkin medsos sudah menyatu dengan hati kamu. Artinya kamu kecanduan banget.

7. Untuk apa kamu membuka medsos?

Tanya diri sendiri untuk apa kamu membuka medsos? Kalau tujuannya untuk jual beli, mengetahui berita terbaru atau sekedar menghubungi teman, kamu sudah bisa dibilang bilang bijak dalam menggunakan medsos.

Tapi apabila tujuan kamu membuka medsos hanya sekedar untuk eksis semata, jangan marah bila kamu adalah seorang pecandu medsos.

8. Apakah kamu merasa sanggup tidak membuka medsos walau hanya sehari?

Jika kamu sanggup, berarti kamu tidak kecanduan. Bila merasa berat atau merasa bakal ada sesuatu yang hilang, berarti kamu sudah kecanduan banget.

Dari tujuh pertanyaan di atas, jawaban hati kamu akan mengetahui segalanya!