in

Alasan Kenapa Perusahaan Harus Beralih Dari Spreadsheet Ke Software Payroll

Alasan Kenapa Perusahaan Harus Beralih Dari Spreadsheet Ke Software Payroll

Pemanfaatan spreadsheet seperti google sheet, excel, open office sebagai tools untuk mengolah data saat ini ini sebenarnya sudah tidak bisa dilepaskan lagi. Bahkan hampir semua karyawan perusahaan wajib bisa menggunakan aplikasi ini. Mulai dari yang sederhana sampai yang tingkatannya sudah advance, seperti proses perhitungan gaji. Karena tidak bisa dipungkiri proses perhitungan gaji menggunakan tools spreadsheet memang sangat membantu.

Pemakaiannya yang dimanfaatkan untuk menggunakan gaji pun dulu memang dianggap murah dan fleksibel. Tapi, itu dulu! Sekarang ini sudah ada inovasi terbaru dari software payroll, perangkat lunak yang lebih menguntungkan dibandingkan spreadsheet. Sebaiknya mulai sekarang Anda tinggalkan spreadsheet dan beralih menggunarkan software payroll! Kenapa? Berikut adalah beberapa alasannya.

1. Pemakaian spreadsheet sangat rentan kecurangan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pemakaian spreadsheet sangatlah fleksibel sebab Anda bisa mensetingnya hanya dengan menggunakan formula. Namun saat Anda kurang mengontrol formula yang sudah diseting pada tiap cell maka hal tersebut malah akan membuat spreadsheet jadi sangat rentan dimanipulasi. Dengan mudah user bisa mengganti angka pada cells nya, hanya tinggal mengetik saja. Bayangkan, bila Anda mempunyai ratusan karyawan namun hanya dengan satu kali ketikan saja data gaji Anda sudah bisa dengan mudah dimanipulasi. Betapa ruginya perusahaan.

loading...

2. Human error yang yang tinggi

Ketika Anda mencoba menambahkan garis pada data baru, pernahkah mengalami dimana formula yang coba Anda set ternyata tidak tersalin sebagaimana mestinya? Ini adalah human error yang bisa menyebabkan fungsi sum pada bari subtotal tidak bisa menghasilkan angka yang benar.

Baca Juga: Berbagai manfaat dari software payroll untuk perusahaan

3. Cukup sulit untuk dikonsolidasikan

Bila Anda mengelola data penggajian perusahaan dalam bentuk terpisah pada tiap cabang lokasi, maka untuk mengkonsolidasikan data penggajian yang berasal dari berbagai lokasi cabang pusat akan cukup sulit untuk dilakukan. Apalagi bila konsolidasi yang Anda lakukan hanya menggunakan teknik copy paste saja. Memang beberapa spreadsheet memberikan dukungan eksternal link atau bisa melakukan lookup dari file ke spreadsheet lain. Namun saat prosesnya, kadang-kadang malah tidak berjalan dengan benar.

4. Ada batasannya

Ketika Anda memproses sebuah data kemudian sudah mencapai lebih dari 3000 bari maka hal tersebut malah akan membuat file yang ada pada spreadsheet semakin membesar. Tools spreadsheet malah akan memproses data menjadi cukup lama ketika filenya sudah lebih dari 2 MB. Sehingga kecepatan proses datanya pun akan tergantung pada memory RAM dan spesifikasi prosesor.

Itulah beberapa alasan kenapa sudah tidak zaman menggunakan spreadsheet untuk administrasi perusahaan, Sekarang sudah saatnya beralih menggunakan software payroll yang lebih banyak keunggulan dibandingkan spreadsheet.

Software Payroll LinovHR bisa membantu Anda mengatasi masalah-masalah spreadsheet yang sudah disebutkan di atas dengan memberikan solusi pemakaian software yang lebih praktis, cepat dan akurat. Tidak perlu khawatir lagi dengan human error dan kesalahan lain saat proses pengoperasiannya, karena software bisa membantu meminimalisir setiap kesalahan bahkan tidak ada sama sekali. Yuk, tinggalkan spreadsheet dan gunakan software payroll yang lebih akurat!

loading...
Loading...
Loading...