in

8 Manfaat Ngeblog Menggunakan WordPress

8 Manfaat Ngeblog Menggunakan WordPress

Pernah dengar istilah blogging? Jika belum, blogging atau sering disebut ngeblog merupakan kegiatan menulis artikel yang dimuat secara online pada halaman web. Tidak jauh berbeda dengan website, hanya saja blog bisa dibuat secara gratis dan mudah. Sangat cocok buat kalian yang ingin belajar menulis online.

Dengan memiliki sebuah blog, Anda tidak hanya sekedar menulis atau mencurahkan ide dan pikiran, tapi Anda juga bisa menjadikannya sebagai ladang uang. Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari sekedar ngeblog, salah satunya dari iklan, marketing afiliasi, jualan online dan masih banyak lagi.

Ada banyak platform blogging gartis yang sering digunakan untuk membuat situs blog, seperti Blogger, Tumblr, Weebly dan yang paling populer adalah WordPress. Jika Anda berniat membuat blog tanpa ribet tapi ingin terlihat keren seperti website profesional, kami sarankan untuk membuat blog di WordPress. Tutorial cara membuatnya bisa dibaca dalam artikel ini hostinger.co.id/tutorial/cara-membuat-blog-di-wordpress/.

Berikut beberapa manfaat dan keunggulan ngeblog dengan menggunakan WordPress.

1. Mudah sekali digunakan

WordPress mudah sekali digunakan, bahkan oleh newbie sekalipun. Setelah proses instalasi selesai, Anda tidak perlu melakukan banyak pengaturan ribet, seperti coding dan sebagainya. Anda bisa langsung menggunakannya dan memanfaatkan semua fitur yang ada.

2. Lebih SEO Friendly

SEO adalah hal terpenting yang harus diperhatikan jika sebuah blog ingin kebanjiran pengunjung dari mesin pencari. WordPress bisa disebut platform blog paling SEO Friendly karena ada plugin SEO yang bisa membantu meningkatkan SEO blog Anda. Semakin baik SEO-nya, maka semakin banyak pula pengunjungnya.

3. Tampilan yang lebih elegan dan profesional

Template WordPress berbeda dengan template blogger lainnya. Template WordPress bisa dibilang setara dengan website karena sama-sama elegan dan profesional. Tidak perlu banyak pengaturan yang diubah, Anda bisa mengaturnya langsung di menu Customize.

Ada banyak situs penyedia template WordPress, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Tentunya yang berbayar pasti lebih canggih dan keren.

4. Ada ribuan plugin

Inilah keunggulan WordPress dibandingkan dengan blogger lainnya. WordPress memiliki ribuan plugin yang bisa Anda manfaatkan untuk menopang kinerja situs blog Anda. Hanya tinggal klik, instal dan Anda bisa langsung menggunakannya tanpa harus ribet ngotak-ngatik kode. Contohnya saja plugin SEO, tombol share, anti-spam, dan masih banyak lagi.

5. Bisa dijadikan situs jual beli

Di WordPress, Anda bisa membuat situs jual beli online karena memiliki plugin khusus untuk e-commerce. Plugin WooCommerc atau WP-Ecommerce bisa Anda gunakan untuk membuat situs jual beli online. Terlebih lagi, WordPress memiliki fitur login seperti di website.

6. Menulis artikel lebih fleksibel

Menulis artikel di WordPress lebih mudah dan simpel. Anda bisa menambahkan gambar dan video dengan mudah. Anda juga dapat menambahkan kategori dan tag untuk postingan yang Anda buat. Nantinya artikel Anda terlihat profesional dengan semua fitur yang dimiliki WordPress.

7. Tentunya Anda bisa mendapatkan uang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa dapat uang hanya dengan nulis artikel. Syaratnya blog Anda harus memiliki banyak pengunjung dan sudah terdaftar di mitra iklan seperti Google Adsense, Innity dan masih banyak lagi. Cukup pasang kode iklan di halaman web dan Anda bisa mendapatkan uang.

Tak hanya dari iklan, ada banyak cara lain untuk mendapatkan uang. Seperti content placement, menjual produk atau jasa, marketing afiliasi dan lainnya.

8. Banyak situs-situs besar menggunakan WordPress

Banyak situs-situs besar dan terkenal yang menggunakan platform WordPress. Contohnya saja Hipwee, Mashable, Techcrunch, Time, Vogue dan masih banyak lagi. Ini membuktikan kalau WordPress bukan platform blogger biasa, tapi juga bisa disulap jadi website besar.