Tekno

5 Skill yang Sangat Dibutuhkan Di Era Digital, Gajinya Gak Main-Main

5 Skill yang Sangat Dibutuhkan Di Era Digital, Gajinya Gak Main-Main

Di era digital ini, semuanya sudah serba online, yang artinya kita bisa mendapatkan uang secara online. Di sinilah sebuah website memiliki peranan penting dalam menopang bisnis online.

Tanpa website, sulit sekali menjalankan bisnis online agar bisa menghasilkan omset sampai miliaran rupiah. Namun menjalankan sebuah website itu tak semudah yang kita pikirkan, kita perlu memiliki beberapa skill, seperti pemograman, HTML, SEO dan masih banyak lagi

Karena sekarang semuanya sudah berbasis online melalui aplikasi berbasis web, orang-orang dengan skill ini sekarang sangat diperlukan. Bahkan mereka yang memiliki beberapa skill ini memiliki gaji yang lumayan tinggi.

Baca Juga: 5 Langkah Penting yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

1. Web Developer

5 Skill yang Sangat Dibutuhkan Di Era Digital, Gajinya Gak Main-Main

Ketika mau menciptakan sebuah website, skill web developer sangat diperlukan. Seorang web developer harus menguasai bahasa pemograman untuk menciptakan aplikasi berbasis web.

Tugas seorang web developer antara lain membuat database, mensetting server, mengatur domain dan membuat tampilan dasar website.

Karena tugas seorang web developer tidaklah mudah, tentu gaji mereka pun sangat besar jika dia bekerja untuk sebuah perusahaan. Jika dia sudah profesional, gaji per bulannya bisa mencapai 10 juta ke atas.

Tapi ada juga web developer yang bekerja secara freelance, jadi dia menawarkan jasanya ke orang-orang atau perusahaan yang ingin membuat website. Ada yang menawarkannya dengan harga lumayan mahal ada juga yang murah tergantung kemampuan masing-masing developer.

2. Web Designer

5 Skill yang Sangat Dibutuhkan Di Era Digital, Gajinya Gak Main-Main

Setelah membuat website, tentunya Anda ingin punya website yang enak dilihat mata dan ramah digunakan. Ini adalah tugas seorang web designer untuk menciptakan template website yang elegan dan bagus.

Web designer harus paham tentang CSS, HTML dan JavaScript untuk bisa merancang penampilan website. Oh iya, CSS, HTML dan JavaScript berbeda dengan bahasa pemograman yah, tapi sama-sama sulit karena berbentuk kode.

Biasanya seorang web designer suka membuat template website sendiri lalu menjualnya dengan harga yang lumayan mahal.

3. SEO Specialist

5 Skill yang Sangat Dibutuhkan Di Era Digital, Gajinya Gak Main-Main

Kesuksesan sebuah website tergantung dari posisinya di Google. Jika banyak keywoard masuk di halaman pertama Google, maka akan semakin banyak pengunjung yang datang ke situs Anda.

Namun untuk merebut posisi pertama di halaman pencarian Google itu persaingannya sangat ketat. Di sinilah tugas seorang SEO specialist untuk membuat sebuah website tampil di halaman pertama Google.

Baca Juga: 4 Hal Mendasar yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Website

Apa itu SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Seorang pakar SEO harus bisa membangun link building yang bagus untuk meningkatkan rank website di mata Google.

Selain itu, tugas seorang SEO specialist adalah mampu menganalisis keywoard dengan daya saing rendah sampai tertinggi. Dan masih banyak lagi tugas seorang SEO specialist yang berhubungan langsung dengan mesin pencari Google.

Di Indonesia, seorang SEO specialist biasanya memiliki gaji rata-rata Rp 7 juta sampai 20 jutaan per bulan tergantung kemampuannya.

4. Retargeting Ads

5 Skill yang Sangat Dibutuhkan Di Era Digital, Gajinya Gak Main-Main

Karena sekarang serba online, banyak yang berpikiran untuk membangun toko online agar bisa menjual produk secara online. Lalu bagaimana caranya mendatangkan pelanggan potensial ke toko online Anda?

Pasti bingung yah, mungkin promosiin secara manual saja. Kalau begitu sangat lama dan bisa-bisa toko online Anda kalah saing.

Salah satu cara untuk menaikan omset penjualan online Anda adalah dengan melakukan retargeting ads atau lebih tepatnya mengiklan. Ada dua channel iklan paling populer di internet sekarang ini, yaitu Facebook Ads dan Google Adwords. Tentunya Anda harus siapin budget.

Secara basic, bermain Facebook Ads dan Google Adwords itu mudah, tapi yang sulit itu bagamana caranya menciptakan iklan yang ditargetkan ke calon pembeli berpotensial. Belum tentu Anda ngiklan gede-gede di Facebook atau Google, omset naik drastis. Jika tidak tahu ilmunya, Anda bisa mengalami kerugian besar.

Ada ilmunya untuk bermain iklan Facebook dan Google yang tentunya lumayan ribet. Tapi kalau sudah paham betul, enak banget selama Anda punya budget untuk ngiklan. Anda pasti untung besar.

Tak heran jika perusahaan rela membayar mahal seseorang yang memiliki skill Facebook Ads dan Google Adwords handal.

5. Web Master

5 Skill yang Sangat Dibutuhkan Di Era Digital, Gajinya Gak Main-Main

Apa itu Web Master? Biar mudah dipahami, web master itu gabungan antara web developer, web designer dan SEO specialist. Seorang web master memiliki kemampuan bahasa pemograman, mampu mendesain tampilan website dan juga ahli di bidang SEO.

Satu orang dengan tiga ilmu sekaligus, tak terbayang berapa gajinya? Yang jelas seorang web master akan digaji sangat besar hingga Rp 20 juta sampai Rp 50 jutaan per bulan.

You May Like

Loading...
To Top