in ,

5 Produk Gagal yang Diciptakan Google, Tak Semuanya Berhasil

5 Produk Gagal yang Diciptakan Google, Tak Semuanya Berhasil

Sebagai raksasa internet, Google memiliki banyak inovasi yang sekarang hampir digunakan oleh seluruh orang di dunia. Misalnya saja YouTube, Gmail, Google Map, Android dan masih banyak lagi.

Itu adalah salah satu dari sekian banyak produk Google yang terbilang sangat sukses. Meskipun banyak menciptakan produk yang inovatif, tapi bukan berarti Google tidak pernah mengalami kegagalan. Nyatanya ada beberapa produk gagal yang diciptakan Google.

Beberapa produk ini diberhentikan karena dinilai sedikit penggunanya. Langsung saja, berikut lima produk gagal yang diciptakan oleh Google yang dilansir Wow Menariknya.

Baca Juga: 5 Gambar Misterius Google Earth yang Bikin Ilmuwan Bingung

1. Google Plus (2011-2019)

5 Produk Gagal yang Diciptakan Google, Tak Semuanya Berhasil
Foto: thenextweb.com

Google mencoba menciptakan media sosial yang bisa menyaingi Facebook dan Instagram. Alhasil lahirlah Google Plus pada tahun 2011. Pengguna Google Plus lumayan banyak, tapi belum cukup untuk menyaingi Facebook dan Instagram.

Sempat berjalan selama beberapa tahun, Google pun memutuskan untuk menghentikan layanan Google Plus beberapa waktu lalu karena dinilai kurang efisien dan efektif. Terlebih lagi aplikasi ini kurang penggunanya meskipun sudah ditempelkan pada setiap smartphone baru.

2. Google Spaces (2016-2017)

5 Produk Gagal yang Diciptakan Google, Tak Semuanya Berhasil 1
Foto: Google

Aplikasi olah grup dan diskusi besutan Google ini dimaksudkan untuk menyaingi Slack sebagai platfrom berbagi konten. Namun sayang, aplikasi ini hanya bertahan selama satu tahun saja sebelum diberhentikan oleh Google.

3. Google Nexus (2010-2016)

5 Produk Gagal yang Diciptakan Google, Tak Semuanya Berhasil 2
Foto: alphr.com

Pada tahun 2010, Google memperkenalkan Nexus sebagai brand smartphone-nya. Pada awalnya Nexus mendapat sambutan hangat, namun seiring berjalannya waktu, Google Nexus mulai kehilangan pamornya.

Pada tahun 2016, Google tampaknya sudah memberhentikan Nexus sebab sampai sekarang tidak ada kabar lagi tentang smartphone yang satu ini.

Baca Juga: 7 Pertanyaan Nyeleneh Saat Interview Di Google Yang Sekarang Sudah Dilarang

4. Google Allo (2016-2019)

5 Produk Gagal yang Diciptakan Google, Tak Semuanya Berhasil 3
Foto: smeaker.com

Google meluncurkan Allo dan Duo secara bersamaan pada tahun 2016. Allo dan Duo ini ditujukan untuk menyaingi WhatsApp dengan memiliki fitur video call. Namun sayang nasib keduanya berakhir tragis. Google resmi menghentikan Google Allo pada Maret 2019 dengan alasan sedikit pengguna.

5. Google Play Edition (2013-2015)

5 Produk Gagal yang Diciptakan Google, Tak Semuanya Berhasil 4
Foto: youtube.com

Google menciptakan edisi spesial Google Play pada tahun 2013. Beberapa smartphone seperti Samsung Galaxy S4, Moto G dan HTC One menjadi beberapa smartphone yang kebagian Google Play Edition yang berjalan di Android versi stock.

Google Play Edition ini sendiri merupakan kakak dari Android one. Namun sekarang semua layanan Google Play Edition tak lagi digunakan pada smartphone baru.

Loading...
Loading...