in

5 Peluang Bisnis Online yang Cocok Untuk Mahasiswa

Peluang bisnis online untuk mahasiswa
Wordpress untuk peluang bisnis online (dezzain.com)

Bisnis online mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dari tahun ke tahunnya mengingat hampir semua orang sudah menggunakan internet. Di samping itu, bisnis online sangat flexible dan mudah dikerjakan oleh siapa saja, termasuk oleh mahasiswa.

Buat mahasiswa yang berniat mencari uang sampingan untuk bayar kuliah atau uang jajan, kalian bisa membangun bisnis online mulai dari sekarang dengan sangat mudah. Siapa tahu usaha online yang kalian kerjakan bisa berkembang dan mungkin jadi pekerjaan tetap setelah lulus nanti, jadi gak usah bingung buat cari kerja.

Nah berikut ini ada peluang bisnis online yang cocok dijalankan oleh para mahasiswa. Mudah-mudahan bisa jadi referensi buat para mahasiswa yang memang ingin mulai membangun usaha digital.

loading...

1. Membuat Online Shop

Sekarang banyak sekali orang yang membeli barang-barang melalui situs toko online atau online shop. Hanya dengan mengklik barang yang ingin dibeli, lalu bayar, maka barang yang dipesan akan datang ke rumah. Tak perlu repot-repot pergi ke luar.

Buat mahasiswa yang sedang jualan barang tertentu, mulai dari sekarang sebaiknya segera dirikan situs toko online sendiri. Dengan memiliki toko online, kamu bisa dengan mudah memasarkan barang dagangan kamu kepada siapa saja. Tentunya ini bisa meningkatkan penjualan kamu dari sebelumnya.

Ada banyak layanan jasa pembuat situs online shop. Namun jika ingin yang gratisan, kamu bisa pilih blogger.com atau wordpress.com.

Untuk toko online, disarankan memakai wordpress self hosted saja karena di dalamnya banyak plugin khusus untuk jualan. Jadi nanti toko online milik kamu terlihat profesional dan bisa meningkatkan kepercayaan pembeli. Dengan menggunakan WordPress hosting sendiri, kamu bisa dengan mudah mengatur segala macam yang dibutuhkan untuk jualan online.

2. Membuat konten di website/blog

Peluang bisnis online yang satu ini tak jauh beda dengan membuka toko online. Bedanya online shop hanya menawarkan barang yang akan dijual, sedangkan content web/blog, kamu tugasnya membuat artikel yang nanti akan banyak dibaca oleh pengguna internet.

Jika website kamu sudah banyak pembacanya, tentu itu bisa mendatangkan profit buat kamu karena nanti web kamu bisa dipasang iklan dari berbagai macam advertiser seperti Google, Innity, MGID dan masih banyak lagi.

Kalau berniat membuat website, pastikan kamu memiliki Web hosting yang bagus, terpercaya dan dibekali dengan server yang menjanjikan. Agar nantinya web kamu tidak memiliki banyak masalah, terutama pada bagian server.

Jika tidak ingin ribet, kamu bisa menggunakan blog gratisan seperti Blogger. Hanya saja fiturnya terbatas dan tidak selengkap website.

3. Jadi Youtuber

Sudah ada banyak Youtuber yang sukses, bahkan penghasilannya ada yang mencapai miliaran. Nah, jika kamu punya bakat menyanyi, membuat sesuatu, menggambar atau ide lainnya, kamu bisa merekam aktivitas kamu, kemudian mengunggahnya ke channel YouTube kamu. Nantinya kamu bisa dapat penghasilan dari iklan jika sudah banyak viewersnya.

4. Freelance Writer

Kamu punya hobi menulis, curahkan hobi kamu untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya dengan menjadi freelance writer di website orang lain. Tawarkan diri kamu di media sosial bahwa kamu siap jadi writer di sebuah website dengan konten yang sesuai. Lumayan lho penghasilannya buat jajan tambahan.

5. Web Development

Dewasa ini, banyak sekali yang membutuhkan jasa web development untuk membuat website yang profesional. Jika kamu ahli di bagian ini, jangan sungkan untuk menawarkan diri kamu di media sosial atau situs-situs yang bisa menghubungkan kamu dengan klien agar ada tawaran menarik buat kamu. Seorang web development profesional sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Bayarannya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta lho!

Perlu diingat, keuntungan melakukan bisnis online yaitu tidak terhambat oleh waktu, kamu bisa melakukannya di mana saja dan cocok dijalankan oleh siapa saja tanpa harus memiliki ijazah.

loading...
loading...
Loading...
Loading...