Tekno

5 Langkah Penting yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

5 Langkah Penting yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

Saat ini bisnis online atau transaksi secara online banyak sekali diminati oleh siapapun termasuk mungkin anda salah satunya.

Memang di jaman yang serba semakin cepat ini, dan semakin mudahnya orang untuk melakukan akses internet dimanapun, maka pilihan menjalankan bisnis online adalah satu pilihan yang tepat untuk saat ini.

Kendati demikian ada hal penting yang harus kita persiapkan untuk memulai bisnis online. Apa saja itu point penting sebelum kita memulai bisnis online? Silahkan simak rangkuman dari apa yang telah dipelajari selama ini dalam menjalankan bisnis online.

1. Pola pikir atau mindset.

Jangan samakan antara berbisnis secara offline dengan bisnis online. Pola pikir kita dalam menjalankan bisnis online harus kita benahi terlebih dahulu.

Karena kita berbisnis secara online, maka kita harus membuat orang lain mengetahui dengan bisnis kita. Pada prinsipnya kita membuat orang lain mengenal kita, mengetahui produk kita dan merasakan manfaat produk kita terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Peluang Bisnis Online yang Cocok Untuk Mahasiswa

Hal ini dilakukan karena kita tidak langsung bertatap muka dengan konsumen, sehingga hal ini kita harus bisa memberikan kepercayaan yang lebih agar calon konsumen mau berbelanja bersama kita.

Masih dalam hal pola pikir, kita juga harus bisa memahami bahwa tidak semua pengguna internet akan melakukan transaksi pembelian terhadap produk kita.

Tidak semua orang akan melakukan akses menuju halaman website kita. Karena itu kita harus tetap terus rajin promosi untuk mengenalkan halaman website kita sehingga semakin banyak orang yang mengetahuinya.

2. Lakukan survey terhadap market

Survey market dilakukan untuk mengetahui apa yang menjadi minat dari pasar atau lebih jelasnya lagi apa yang menjadi kebutuhan dari pasar yang belum tersedia.

Saat kita mengetahuinya dari hasil survey tersebut, maka kita sudah bisa mulai menentukan produk apa yang bisa kita jual secara online sesuai kebutuhan target market.

Menurut para ahli internet marketer, dalam berbisnis online itu pada prinsipnya adalah menyediakan apa yang menjadi kebutuhan market bukan memberikan market pilihan untuk berbelanja dengan kita.

Inilah mengapa bisnis online ada yang bisa meraih sukses tapi tidak sedikit pula yang gagal, karena pada dasarnya mereka salah dalam menerapkan pola berbisnis online.

3. Kuasai produk dengan baik

Ini mungkin tidak hanya berbisnis online saya, tapi berlaku juga untuk bisnis offline. Seorang penjual harus mampun menjelaskan secara rinci tentang produk yang mereka jual. Dan akan lebih baik bukan hanya sekedar membaca dari litelatur produk, tapi berdasarkan pengalaman anda sendiri.

Tapi tentunya ini semua dilakukan tidak berlebihan hanya untuk membuat konsumen tertarik membeli produk kita tapi tidak bisa merasakan manfaatnya.

Baca Juga: 4 Bisnis Dengan Untung Selangit Tapi Modal Tak Setinggi Bukit

4. Miliki produk yang mudah dijaul dengan tingkat resiko yang sangat kecil

Hal ini dilakukan untuk kita menjalankan bisnis online dengan hasil yang lebih baik lagi. Maksud dari produk dengan tingkat resiko yang sagat kecil, adalah kita menjual produk yang sudah jelas fungsi dan manfaatnya dan sudah banyak orang yang mengetahuinya.

Jangan pernah menjual barang atau produk yang justru akan membuat konsumen menjadi kesulitan atau merasa tidak nyaman dengan manfaat produk yang telah ditawarkan tersebut.

5. Promosikan bisnis anda dan konsisten menjalankannya

Apapun bisnis ada saat ini, terutama dalam bisnis online, faktor promosi menjadi sangat penting. Orang tidak akan mengetahui apa yang kita jual atau apa yang kita tawarkan, bila kita tidak memberitahukan kepada orang lain tentang bisnis online kita.

Promosi harus terus dilakukan, bisa dengan berbagai cara, baik itu berbayar, maupun gratisan. Tapi yang pasti sebuah bisnis akan semakin sukses dan berhasil, kalua tidak bisa memanfaatkan segi promosi secara maksimal dengan berbagai peluang yang ada.

Itulah sedikit gambaran tentang point yang harus kita persiapan untuk memulai bisnis online. Namun siapapun anda, bila ingin terjun dalam bisnis online, sangat besar sekali peluangnya, dan hebatnya lagi menjalankan bisnis online bisa dilakukan oleh siapa saja, terutama anda yang ingin punya tambahan penghasilan hanya dari rumah.

To Top