in

5 Kecerobohan yang Sering Dilakukan Ini Bikin Baterai HP Cepat Rusak

5 Kecerobohan yang Sering Dilakukan Ini Bikin Baterai HP Cepat Rusak 1
Foto: mobilefun.co.uk

Mungkin di antara kalian ada yang kesal kenapa baterai hp nya mudah sekali rusak. Jangan salahkan dulu baterainya atau ponselnya, siapa tahu kalian sering melakukan kecerobohan ini yang tanpa disadari dapat merusak baterai smartphone kamu.

Dilansir Wow Menariknya, berikut ini ada lima kecerobohan yang sering kalian lakukan yang ternyata dapat merusak baterai hp dengan cepat.

1. Suka nge-charge baterai sampai full 100%

5 Kecerobohan yang Sering Dilakukan Ini Bikin Baterai HP Cepat Rusak 2
Foto: easyacc.com

Ini adalah kesalahan paling keliru yang umum dilakukan para pemilik smartphone. Mengisi baterai smartphone sampai 100% dianggap sebagai hal yang harus dilakukan agar nantinya baterainya gak mudah habis.

Baca Juga: 5 Aturan Mencharger Smartphone Yang Wajib Dipatuhi

Pemahaman tersebut justru sangat salah. Para ahli justru menyarankan untuk tidak mencharge hp sampai 100%, tapi lebih baik sampai rentan 80% saja. Muatan penuh hingga 100 persen akan memberikan daya yang berlebihan saat ponsel digunakan. Akibatnya nanti baterai mudah rusak.

2. Membiarkan pelindung tetap terpasang saat nge-charge

5 Kecerobohan yang Sering Dilakukan Ini Bikin Baterai HP Cepat Rusak 3
Foto: businessinsider.com

Pasti banyak yang tidak tahu kalau nge-charge hp dengan kondisi pelindung masih terpasang hal itu bisa merusak baterai hp. Penjelasannya begini, saat pengisian daya, baterai dan ponselmu akan menjadi panas.

Kalau pelindung hp kamu tidak dilepas, itu akan membuat sisi bagian bawah ponsel termasuk baterainya jadi cepat panas karena suhunya tertahan oleh pelindung tersebut. Jadi biasakan pelindung hp kamu dilepas saat dicharge.

3. Suka membiarkan ponsel mati karena kehabisan baterai

5 Kecerobohan yang Sering Dilakukan Ini Bikin Baterai HP Cepat Rusak 4
Foto: newatlas.com

Membiarkan smartphone kamu mati karena kehabisan baterai bisa membuat ion lithium dalam baterai mudah menguap dan akhirnya rusak. Jadi jangan sampai kamu suka menggunakan smartphone sampai baterainya habis 0 persen.

Baca Juga: Cara Nge-Charge iPhone X Agar Baterai Cepat Penuh

4. Terlalu sering menggunakan power bank

5 Kecerobohan yang Sering Dilakukan Ini Bikin Baterai HP Cepat Rusak 5
Foto: gearpatrol.com

Power bank memang bermanfaat untuk mengisi baterai smartphone dimanapun kamu berada. Tapi perlu diketahui, terlalu sering mengisi daya ponselmu dengan power bank justru bisa membuat baterai hp mudah rusak.

Hal itu dikarenakan adanya perbedaan tegangan antara power bank dan charger yang biasa digunakan. Tak hanya baterai yang bisa rusak, kartu SIM pun juga bisa rusak.

5. Suka nge-charge sambil digunakan

5 Kecerobohan yang Sering Dilakukan Ini Bikin Baterai HP Cepat Rusak 6
Foto: jalantikus.com

Kebanyakan orang masih suka menggunakan smartphone nya sambil di-charge. Kebiasaan ceroboh ini bisa membuat baterai hp kamu mudah rusak.

Ponsen dan baterai kamu akan mudah panas ketika di-charge sambil digunakan terus-menerus. Suhu panas itulah yang dapat merusak komponen ponsel, termasuk baterai.

Loading...
Loading...