in

5 Jenis Aplikasi Android Berbahaya yang Sebaiknya Dihapus Saja

5 Jenis Aplikasi Android Berbahaya yang Sebaiknya Dihapus Saja

Mengingat banyaknya aplikasi yang dibuat setiap hari lalu diunggah ke Play Store, Google pun tidak dapat melacak dan memeriksa keamanan aplikasi tersebut. Jadi sangat besar kemungkinannya banyak aplikasi Android yang berbahaya untuk smartphone Anda.

Pasalnya aplikasi yang tak dikenal bisa saja disisipkan virus oleh hacker untuk mencuri data-data pribadi Anda. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menguras sumber daya ponsel Anda sehingga sistem jadi lambat dan baterai mudah habis.

Jika Anda menginstal beberapa jenis aplikasi Android berikut ini, sebaiknya Anda hapus karena sangat berbahaya. Langsung saja, berikut lima jenis aplikasi Android berbahaya yang wajib kalian hapus jika tidak ingin terjadi apa-apa.

Baca Juga: 5 Aplikasi Smartphone Yang Paling Banyak Menguras Kuota

1. Aplikasi Cuaca

5 Jenis Aplikasi Android Berbahaya yang Sebaiknya Dihapus Saja
Foto: pinterest.com

Banyak pengguna Android mengunduh aplikasi cuaca untuk mengetahui ramalan cuaca terkini. Namun perlu diketahui, banyak virus di dalam aplikasi ini.

Contohnya saja ada kasus aplikasi cuaca memiliki virus trojat built-in yang mengumpulkan data dari telepon pemilik dan mengirimkannya ke orang yang membuat virus tersebut. Akibatnya banyak data pengguna kartu kredit yang berhasil dicuri.

Jadi alangkah baiknya periksa saja ramalan cuaca melalui browser internet atau televisi.

2.  Aplikasi Optimizer

5 Jenis Aplikasi Android Berbahaya yang Sebaiknya Dihapus Saja
Foto: androidpit.com

Clean Master dan aplikasi optimizer lainnya berfungsi membersihkan tembolok smartphone Anda dan menghapus data yang tidak perlu. Namun kebanyakan ponsel modern sudah memiliki sistem ini yang membuat aplikasi optimizer tidak berguna.

Aplikasi ini juga bisa membuat daya tahan baterai jadi mudah habis. Bahkan sistem hp Anda akan jadi lambat karena aplikasi ini.