in ,

5 Aplikasi Populer yang Diblokir di China

5 Aplikasi Populer yang Diblokir di China 1

China memang terkenal ketat memberi aturan terhadap aplikasi asing. Bahkan tak tanggung-tanggung, banyak aplikasi populer seperti WhatsApp dan Instagram diblokir di Negeri Tirai Bambu itu.

Politik dan ekonomi jadi alasan kenapa aplikasi-aplikasi terkenal ini diblokir. China tampaknya ingin lebih mengembangkan aplikasi dalam negeri agar digunakan oleh penduduknya. Di sisi lain, China juga terus memperkuat Firewall-nya yang dikenal sebagai Great Firewall yang merujuk pada Great Wall (Tembok Besar China).

loading...

Sistem keamanan tersebut sangat sulit ditembus sehingga aplikasi-aplikasi asing bisa diblokir dengan mudah tanpa ada kemungkinan bisa menggunakannya meskipun dengan menggunakan VPN.

Berikut Wow Menariknya berhasil menghimpun 5 aplikasi populer yang diblokir total di China. Dalam kata lain, warga China sama sekali tidak bisa menggunakan layanan paling populer di dunia ini.

Baca Juga: 3 Aplikasi Rekomendasi Untuk Tambah Teman Luar Negeri

1. WhatsApp

5 Aplikasi Populer yang Diblokir di China 2

Pada September 2017, pemerintah China secara total memblokir aplikasi chat WhatsApp. Sebelumnya pemerintah hanya memblokir video dan foto yang dikirim melalui WhatsApp, tapi kemudian China memblokir aplikasi ini secara keseluruhan.

2. Facebook

5 Aplikasi Populer yang Diblokir di China 3

Sejak tahun 2009 sampai sekarang, Facebook tak diberi tempat di China. Pada saat itu Facebook berada di puncak kejayaan, namun pemerintah China segera membentuk Facebook agar tidak bisa diakses oleh warganya. Karena kebijakan ini, media sosial lokal pun berkembang pesat.

3. Instagram

5 Aplikasi Populer yang Diblokir di China 4

Instagram mulai diblokir di China setelah protes kelompok pro-demokrasi di Hong Kong pada tahun 2014 lalu. Pasalnya instagram mempopulerkan gerakan protes #OccupyCentral yang memicu demonstrasi.

Baca Juga: 5 Hal Mencengangkan Ini Hanya Bisa Ditemukan di China

4. Twitter

5 Aplikasi Populer yang Diblokir di China 5

Tak hanya Facebook dan Instagram, Twitter pun juga diblokir total di China. Pemblokiran Twitter di China erat kaitannya dengan peristiwa Arap Spring dan Revolusi Hijau Iran pada tahun 2009 yang populer di Twitter.

5. Google

5 Aplikasi Populer yang Diblokir di China 6

China memang tak kenal ampun. Perusahaan raksasa seperti Google pun juga tak diberikan tempat di China. Layanan Gmail hingga pencarian Google pun tidak dapat diakses di sana.

loading...
Loading...
Loading...