in

5 Aplikasi Android Ini Bisa Menghemat Baterai

Banyak pengguna smartphone mengeluh karena baterainya yang mudah habis. Berbagai cara dilakukan agar penggunaan baterai bisa dihemat, termasuk menggunakan beberapa fitur untuk menghemat baterai. Namun, semua itu masih belum cukup untuk mengurangi penggunaan baterai pada smartphone.

Jika ingin mencoba beberapa aplikasi penghemat baterai, Anda bisa coba mengunduh 5 aplikasi Android ini yang diklaim sebagai favorit para pengguna gadget. Meskipun, kenyataannya tidak akan terlalu memuaskan, tapi patut dicoba dulu. Berikut 5 aplikasi Android itu, dilansir Wowkeren.com.

5. Tasker

Aplikasi yang satu ini berfungsi untuk menghemat baterai dan menonaktifkan aplikasi yang banyak menguras baterai. Selain itu aplikasi ini memudahkan pengguna untuk mengatur waktu mengaktifkan atau menonaktifkan koneksi. Dan juga bisa mengatur waktu mengaktifkan media, SMS, panggilan dan fungsi Android lainnya. Jika ingin, aplikasi ini dapat diunduh dengan harga Rp 34 ribu.

4. Autorun Manager

Pada aplikasi ini pengguna dapat menentukan aplikasi mana yang akan mulai berjalan ketika smartphone booting. Aplikasi ini juga ada dua mode yaitu ‘basic’ dan ‘advanced’. Pada mode basic, segala aplikasi yang sedang berjalan akan berhenti ketika smartphone sedang booting. Tapi kemudian aplikasi tersebut akan berjalan kembali. Sedangkan untuk mode advanced, pengguna lebih bisa mengontrol widget dan seluruh sistem untuk diaktifkan atau tidak.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis. Tapi ada juga versi pro dari aplikasi ini yang dihargai Rp 46 ribu.

3. Go Battery Saver and Power Widget

Aplikasi yang didesain oleh Go Dev Team ini dapat memilih aplikasi mana saja yang memakan banyak baterai. Dengan demikian pengguna bisa dengan mudah menentukan mana saja aplikasi yang akan diaktifkan atau tidak. Sehingga bisa mengurangi penggunaan baterai untuk beberapa jam atau lebih.

2. Battery Defender

Dengan aplikasi Battery Defender, memungkinkan pengguna untuk mengatur aktif atai tidaknya koneksi Wi-Fi, GPS, mobile data, dan Bluetooth. Fitur dalam aplikasi ini juga dapat menyeimbangkan smartphone setiap 15 menit, dan bisa menampilkan presentase jumlah baterai pada bagian kolom notification.

Meskipun dapat diunduh gratis, sayangnya aplikasi ini tidak tersedia untuk semua jenis smartphone Android, hanya untuk smartphone Andorid yang terkenal saja.

1. Juice Defender

Aplikasi yang terakhir ini berfungsi untuk mengatur koneksi mobile data seperti Wi-Fi dan Bluetooth. Aplikasi ini juga terdapat beberapa pilihan seperti ‘aggresive’ dan ‘balanced’. Selain itu aplikasi ini dapat mengatur sinkronisasi background, dan aplikasi lain mana yang membiarkan layar tetap menyala.

Juice Defender ada versi yang gratis dan ada juga versi lain, yaitu Plus dengan harga Rp 23 ribu dan Ultimate dengan harga Rp 57 ribu.