in

4 Modus Penipuan Online Paling Sering Ditemukan

4 Modus Penipuan Online Paling Sering Ditemukan 1

Banyaknya pengguna internet dimanfaatkan oleh sebagian pihak tak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan besar dengan cara menipu. Modus penipuan online begitu marak tersebar di internet, baik itu melalui email, pesan chat, website atau aplikasi.

Dengan iming-iming hadiah besar, tak sedikit pengguna internet yang tertipu oleh para pelaku penipuan cyber. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati jika tidak ingin jadi korban penipuan.

Berikut ini Wow Menariknya sudah menyajikan informasi tentang modus penipuan online yang paling sering ditemukan dan paling populer.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Komputer Anda Kena Hack

1. Email jebakan

Apakah Anda pernah menerima email yang mengaku-ngaku berasal dari instansi perusahaan atau lembaga lainnya? Hati-hati jika Anda mendapatkan email seperti itu. Pasalnya email seperti itu suka mengandung link yang tidak jelas arahnya. Link tersebut adalah spam dan akan mengarahkan Anda ke website berbahaya yang bisa mencuri informasi pribadi Anda.

Email perusahaan yang asli biasanya suka menggunakan domain sendiri. Misalnya bank BJB, email yang asli pasti akan begini bankbjb@bjb.com atau bankbjb@bjb.co.id, bukan bankbjb@yahoo.com atau bankbjb@gmail.com.

2. Menang lotre

Ketika sedang menjelajahi sebuah website, pernahkah Anda mendapatkan pesan atau notif yang berisi ucapan selamat bahwa Anda sudah menang lotre? Hal semacam ini pasti sering ditemukan pengguna internet ketika sedang browsing.

Jika menemukan pesan seperti itu, jangan dianggap. Sebab hadiah menang lotre tersebut palsu. Biasanya pesannya akan berisi link yang akan mengarahkan Anda ke situs-situs berbahaya. Tak menutup kemungkinan pula Anda bakalan disuruh mengisi informasi pribadi. Jadi jangan sampai ketipu oleh yang begituan yah!

Baca Juga: Ini Perbedaan Darknet dengan Deep Web

3. Anti-virus palsu

Hati-hati dalam menggunakan anti-virus untuk PC atau laptop Anda. Pasalnya tak semua anti-virus aman diinstal di PC. Alih-alih menawarkan layanan membasmi virus, aplikasi anti-virus tersebut justru akan menyebarkan virus di PC Anda. Virus tersebut sudah diprogram sedemikian rupa untuk mencuri data-data penting Anda.

Ada juga anti-virus yang disispi script khsuus, sehingga PC Anda jadi muncul banyak iklan yang mengganggu. Pada akhirnya PC Anda jadi lemot sekali.

4. Janji manis kerja di rumah

Anda mungkin pernah lihat iklan atau penawaran kerja di rumah dengan penghasilan besar. Hati-hati jika menemukan iklan seperti itu, pasalnya iklan tersebut kebanyakan palsu, dan tidak sesuai dengan realitanya. Banyak yang sudah tertipu dengan iklan demikian.

Loading...
Loading...