Tekno

4 Cara Mulai Berjualan Online Ketika Wabah Corona

4 Cara Mulai Berjualan Online Ketika Wabah Corona

Musibah wabah corona ini memukul begitu banyak pemilik usaha, terutama mereka yang berjualan secara offline alias melalui toko. Dengan diberlakukannya PSBB membuat orang orang tidak mendatangi pusat pusat perbelanjaan, semua sekarang serba online.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana caranya berjualan barang barang di toko secara online? Dengan berkembangnya teknologi, kamu bisa kok mulai jualan barang barangmu secara online. Ini dia 4 cara agar kamu bisa jualan secara online ketika wabah Corona.

1. Jualan lewat WhatsApp

Cara paling mudah adalah berjualan lewat WhatsApp, karena sebagain besar orang indonesia menggunakan WhatsApp. Kamu bisa membuat sebuah postingan atau gambar tentang produk apa saja yang kamu juga kemudian sebar ke grup grup yang kamu ikuti.

Dari situ kamu akan mendapatkan chat langsung dari orang yang minat. Jika sudah terjadi kesepakatan, kirim. Chat sampai sekarang masih menjadi cara paling cepat untuk menjual sesuatu walaupun caranya masih sangat manual.

Kamu juga dapat meningkatkan jumlah orang yang mulai chat kamu dengan menggunakan Facebook Ads. Jadi orang yang menggunakan Facebook atau Instagram dapat mengetahui keberadaan toko online WhatsApp kamu.

2. Buat toko online di marketplace

Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lainnya adalah pilihan yang bisa kamu gunakan untuk menjual barang barangmu.

Cukup daftar secara gratis, isi profilmu dan mulai foto foto produkmu. Dengan puluhan juta hingga ratusan juta orang yang datang ke marketplace tersebut, peluang barang kamu di beli menjadi lebih besar.

Terdapat juga fitur yang dapat mempercepat barang barang kamu terjual, yaitu fitur iklan di masing masing marketplace tersebut.

3. Buat akun Instagram

Jika kamu belum memahami marketplace, kamu juga bisa berjualan dengan instagram. Kamu kalau sering main instagram pasti sering menemukan online shop disana.

Kamu dapat membuat akun baru khusus untuk tokomu, daftarkan sebagai akun bisnis. Mulai upload foto foto produkmu. Kemudian agar dapat banyak yang melihatnya, kamu dapat membuat iklan di instagram melalui Facebook Ads.

Selain iklan dari instagram, kamu juga bisa bekerjasama dengan para influencer agar kunjungan di instagram semakin besar.

Ketika kamu melakukan promosi, kamu harus dapat mendapatkan atensi dari calon konsumenmu. Kamu dapat menemukan inspirasi kata promosi di artikel kata-kata promosi.

4. Membuat website kamu sendiri

Jika kamu ingin mengembangkan toko online menjadi lebih serius, kamu dapat membuat website kamu sendiri. Kamu dapat menggunakan berbagai macam platform yang ada seperti WordPress, Wix, Tokotalk dan lain lain.

Walupun website jauh lebih kompleks dibandingkan cara lainnya, namun website memiliki banyak keuntungan jangka panjang seperti kemampuan SEO, analisis data, dan sebagainya.

Untuk meningkatkan traffic websitemu, kamu dapat menggunakan berbagai macam cara seperti SEO, Google Ads, Facebook Ads dan sebagainya.

Itu dia 4 cara untuk mulai berjualan online. Wabah ini sudah berdampak secara nyata secara ekonomi untuk begitu banyak orang baik kehilangan pekerjaan, penjualan turun drastis.

Binsis online menjadi alternatif untuk kamu yang terdampak. Untuk dapat mengembangkan usahamu, mungkin kamu memerlukan bantuan Facebook Ads.

Temukan penjelasan lengkap tentang Facebook Ads beserta contoh nyatanya di Artikel ini : Tutorial Facebook Ads.

To Top