in ,

Memahami Makna Puasa Agar Pahalanya Tidak Luntur

Memahami Makna Puasa Agar Pahalanya Tidak Luntur
Foto: pressreader.com

Hanya tinggal menghitung hari lagi sebelum bulan Ramadhan 1439 H tiba. Tentunya seluruh umat Islam di dunia pasti sudah menunggu kedatangan bulan suci yang penuh berkah ini. Pasalnya di bulan puasa, setiap ibadah dan amal kebaikan yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalnya. Ditambah lagi ini adalah bulan yang penuh ampunan.

Semua itu bisa didapatkan bagi umat Muslim yang benar-benar melaksanakan puasa dengan ikhlas, bukan sekedar menahan lapar dan haus saja. Kelak di akhirat nanti bakalan banyak umat Muslim yang kehilangan pahala puasanya karena mereka tidak memahami makna puasa yang sebenarnya.

Puasa tidak sekedar menahan lapar dan haus, tapi juga menahan hawa nafsu

Selama satu bulan penuh, kita diperintahkan untuk menahan haus dan lapar dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Begitupula kita diperintahkan untuk menahan hawa nafsu seperti jangan berbohong, jangan membicarakan keburukan orang lain, menyebar fitnah, dan marah-marah tanpa alasan yang jelas.

loading...

Kita menahan lapar dan haus hanya satu bulan saja, tapi menahan hawa nafsu harus selama 12 bulan penuh. Dalam kata lain, bulan puasa adalah bulan latihan bagi setiap umat Muslim untuk mengendalikan hawa nafsu mereka. Jangan sampai Anda hanya bisa menahan hawa nafsu saat bulan puasa saja, tapi 11 bulan lainnya Anda terlalu banyak mengikuti keinginan nafsu.

Baca Juga: 10 Foto Meme Menyambut Bulan Puasa Ini Kocaknya Kebangetan

Melatih kita untuk belajar berbagi

Selama bulan puasa, kita harus lebih banyak berbagi kepada orang yang tidak mampu. Rasa lapar dan haus yang kita rasakan selama berpuasa adalah pelajaran bagi kita untuk bisa merasakan orang-orang kelaparan di luar sana. Dengan begitu, kita bisa merasakan sedikit penderitaan orang-orang miskin dan menumbuhkan jiwa berbagi dalam hati kita.

Menguatkan silaturahmi

Hukum wajibnya menjalin silaturahmi dengan kerabat dan tetangga. Di bulan puasa, banyak kesempatan untuk mempererat silaturahmi dengan keluarga, kerabat dan tetangga. Seperti buka bersama, slaing berbagi hidangan buka puasa, shalat tarawih bersama, dan masih banyak lagi.

Menyehatkan tubuh

Selain dapat menyehatkan rohani, puasa juga dapat menyehatkan jasmani. Sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau puasa itu baik untuk kesehatan tubuh. Pasalnya saat puasa, kita jarang mengkonsumsi makanan kurang bergizi dan pola makan pun lebih teratur dari biasanya.

Intinya, puasa itu bukan sekedar menahan lapar dan haus saja, tapi kita juga bisa menahan hawa nafsu selama satu bulan penuh dan 11 bulan selanjutnya. Bulan penuh berkah ini adalah bulan latihan bagi kita untuk belajar mengendalikan diri dan untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.

loading...
loading...
Loading...
Loading...