in

Jangan Tidur Lagi Setelah Sahur, Ini Bahayanya!

Jangan Tidur Lagi Setelah Sahur, Ini Bahayanya!
Foto: howstuffworks.com

Dengan adanya sahur, kita memiliki kesempatan untuk memasok energi ke dalam tubuh agar bisa menjalankan puasa seharian penuh. Namun karena waktu sahur yang ada pada waktu subuh, kadang kita suka buru-buru saat makan sahur agar bisa tidur kembali.

Tapi tahu tidak kembali tidur setelah sahur dan sholat Subuh ternyata bahaya bagi kesehatan tubuh? Mungkin banyak yang tidak mengetahuinya dan menganggap tidur setelah sahur adalah hal yang baik-baik saja.

Ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa timbul jika Anda tidur lagi setelah sahur. Berikut ulasannya seperti dilansir WowMenariknya.com.

loading...

Refluks

Jangan Tidur Lagi Setelah Sahur, Ini Bahayanya!
Foto: aryanto.id

Kebiasaan langsung tidur setelah sahur bisa menyebabkan efek buruk terhadap pencernaan. Kebiasaan ini dapat menimbulkan kondisi yang disebut refluks, yaitu posisi tubuh saat tidur dapat membuat makanan kembali ke tenggorokan dan mulut.

Baca Juga: Makanan-Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur

Asam Lambung

Jangan Tidur Lagi Setelah Sahur, Ini Bahayanya!
Foto: mediskus.com

Refluks dapat menyebabkan asal lambung naik ke dalam tenggorokan dan menimbulkan rasa panas di dada. Selain itu, kerongkongan akan terasa kering, panas dan bahkan bisa menyebabkan mual dan muntah.

Kondisi inilah yang dapat menyebabkan penyakir GERD (Gastroesophageal Relux Disease), kondisi kerusakan pada paru-paru, kerongkong dan laring. Jika terlalu parah, penyakit ini dapat menyebabkan kanker tenggorokan.

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa Ini Sering Dianggap Sepele

Jadi sebaiknya Anda jangan tidur lagi setelah sahur karena makanan harus dicerna terlebih dahulu. Jika Anda tidur, makanan tidak akan tercerna dengan baik yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Dianjurkan Anda harus mulai beraktivitas ringan setelah sahur agar makanan dapat dicerna dengan mudah.

loading...
loading...
Loading...
Loading...