in

5 Hal yang Membuat Bulan Puasa Jadi Ladang Dosa, Waspadalah!

5 Hal yang Membuat Bulan Puasa Jadi Ladang Dosa, Waspadalah!
Foto: tiempocristiano.com

Bulan puasa memang bulan penuh berkah, penuh ampunan dan setiap amal sholeh yang kita lakukan pahalanya akan dilipatgandakan. Namun bukan berarti orang yang menjalankan ibadah puasa bisa terlepas dari dosa-dosa. Malahan ada beberapa golongan manusia yang malah menjadikan bulan Ramadhan sebagai ladang dosa karena keteledorannya.

Loading...

Bukannya mendapatkan pahala, mereka malah mendapatkan banyak dosa dan juga puasa mereka tidak akan diterima. Oleh sebab itu, di bulan puasa ini kita harus teliti sekali memperhatikan mana yang dosa dan mana yang tidak, baik itu dosa kecil apalagi dosa besar.

1. Gemar ngomongin orang

Satu hal yang masih sering dilakukan di bulan puasa yaitu ngegosip alias ngomongin kejelakan orang lain. Jika kamu masih gemar ngomongin orang dengan tujuan mengolok-ngolok mereka, puasa kamu tidak akan ada artinya. Kamu hanya menahan lapar dan haus saja, sementara nafsu dibiarkan begitu saja.

Baca Juga: Ini Makna Setan Dibelenggu, Pintu Surga Dibuka dan Neraka Ditutup di Bulan Puasa

loading...

2. Suka berbohong

Berbohong adalah sifat yang paling dibenci oleh Allah SWT. Jika kamu suka berbohong di bulan puasa, kamu sama saja dengan membuat pahala puasa kamu dengan tangan kamu sendiri, hanya saja kamu tidak menyadarinya. Disamping mendapatkan pahala, kamu malah akan mendapatkan dosa.

3. Tak bisa menjaga pandangan

Bulan puasa adalah bulan latihan untuk mengendalikan hawa nafsu. Oleh karena itu kamu harus belajar menundukan pandangan mata kamu terhadap sesuatu yang bisa menaikan hasrat. Seperti melihat cewek seksi baik itu secara langsung atau di media sosial. Jika kamu tidak sengaja melihat sesuatu seperti itu, segera tundukan mata kamu dan jangan dilihat lagi.

4. Jangan riya

Banyak umat Muslim yang suka pamer foto-foto makanan di media sosial dengan niat ingin disukai oleh banyak orang. Hati-hati, hal sepele ini bisa termasuk dalam perbuatan riya. Atau kamu memamerkan ibadah kamu dengan menyebarkannya di media sosial. Kamu malah akan mendapatkan dosa besar jika riya masih ada dalam hati kamu.

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa Ini Sering Dianggap Sepele

5. Niatnya bukan karena Allah

Setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya. Jika kamu puasa niat karena pacar atau orang tua, bukan karena Allah, maka kamu tidak akan mendapatkan apa-apa. Ini bisa saja menjeremuskan kamu ke dalam perbuatan dosa besar karena kamu melakukan sesuatu bukan karena Allah.

loading...
Loading...
Loading...