in

5 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa Ini Sering Dianggap Sepele

5 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa Ini Sering Dianggap Sepele

Puasa itu tak sekedar menahan haus dan lapar saja, tapi juga harus menahan hawa nafsu seperti membicarakan keburukan orang lain, menjaga ucapan dan kelakuan, jangan berburuk sangka dan jangan melihat sesuatu yang tidak pantas dilihat. Jika puasa hanya menahan lapar saja tapi nafsu dibiarkan bebas berkeliaran, maka nilai puasa yang didapatkan hanya nol besar.

Ada banyak perkara yang bisa membatalkan puasa, mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil. Dan kebanyakan orang tidak tahu kalau ada hal-hal sepele yang sering dilakukan tapi ternyata dapat melunturkan pahala puasa.

Dikutip WowMenariknya.com, berikut beberapa hal sepele yang dapat membatalkan puasa tanpa kamu sadari.

loading...

Baca Juga: Ini Makna Setan Dibelenggu, Pintu Surga Dibuka dan Neraka Ditutup di Bulan Puasa

1. Ngomongin orang

Suka ngomongin orang alias ngegosip dapat melunturkan seluruh pahal puasa kamu tanpa disadari. Pasalnya menggunjing atau menyebarkan kejelakan orang lain termasuk dalam perbuatan tercela yang dilarang oleh Allah SWT.

2. Mengeluarkan kata-kata jorok

Disamping bisa menyebarkan rahmat, mulut juga bisa menyebarkan laknat. Jadi jagalah setiap ucapan kita selama puasa, jangan sampai kita mengeluarkan kata-kata kasar dan jorok yang menyinggung perasaan orang lain.

3. Pacaran

Tanpa bermaksud melarang berpacaran, tapi kita pikirkan bersama-sama. Pacaran identik dengan berduaan bersama-sama. Kadang saat pacaran, pikiran kita suka ‘ngeres’. Nah, hal itulah yang bisa melunturkan pahala puasa kamu.

4. Terlalu banyak tidur

Memang tidurnya orang yang puasa termasuk ibadah, tapi jika terlalu banyak tidur di siang hari saat puasa sebenarnya kurang baik lho. Ilustrasinya begini, jika kamu sedang dagang, tapi kamu malah tidur selama berdagang, apakah akan ada pelanggan yang mau beli dagangan kamu? Begitupun dengan puasa, kamu tidak akan dapat apa-apa kecuali hanya rasa lapar dan haus saja jika terlalu banyak tidur.

5. Melihat sesuatu yang jangan dilihat

Misalkan kamu lagi ngabuburit, lalu kamu lihat cewek seksi, terus kamu pantengin pandangan kamu sama cewek tersebut, maka puasa kamu bisa batal. Lalu bagaimana jika tidak sengaja melihat cewek seksi? Segera tundukan pandangan kamu dan segera istighfar dalam hati.

loading...
loading...
Loading...
Loading...