in , , ,

Mengerikan, 5 Penyakit Ini Ubah Penderitanya Jadi Seperti Monster

Mengerikan, 5 Penyakit Ini Ubah Penderitanya Jadi Seperti Monster
Penyakit monster (Foto: thechive.com/chilanguerias.com)

Kita harus bersyukur kepada Tuhan karena telah diberikan kesehatan dan tubuh yang normal. Coba lihat di luar sana, banyak sekali orang-orang yang menderita penyakit aneh yang membuat tubuh mereka jadi tampak seperti monster.

Faktanya, dalam ilmu medis memang ada beberapa jenis penyakit langka yang bisa mengubah penderitanya terlihat seperti monster. Mulai dari penyakit sisik ular, sindrom manusia serigala, hingga manusia akar, penyakit mengerikan seperti itu benar-benar ada dan bukan sekedar mitos belaka.

Dihimpun Wow Menariknya dari berbagai sumber, berikut lima penyakit yang bisa mengubah penderitanya jadi seperti monster yang mengerikan.

1. Sindrom Manusia Serigala

Mengerikan, 5 Penyakit Ini Ubah Penderitanya Jadi Seperti Monster
(Foto: mirror.co.uk)

Sesuai namanya, kondisi ini membuat penderitanya memiliki rambut yang tumbuh di sekujur tubuhnya, termasuk wajahnya. Kelainan genetik ini membuat penderitanya tampak seperti serigala.

Natty, gadis asal Bangkok, Thailand ini adalah salah satu contoh orang yang menderita sindrom werewolf atau sindrom manusia serigala. Wajahnya tampak ditumbuhi rambut tebal yang membuatnya dijuluki wanita serigala oleh teman-temannya.

Namun pada awal tahun 2018 lalu, dia memutuskan untuk mencukur rambut di wajahnya karena akan menikah dengan seorang pria yang dicintainya.

2. Erythroderma

Mengerikan, 5 Penyakit Ini Ubah Penderitanya Jadi Seperti Monster
(Foto: dailymail.co.uk)

Seorang bocah asal Tangerang bernama Ari Wibowo sempat menyita perhatian media internasional karena dia menderita penyakit Erythroderma yang membuatnya dijuluki ‘Bocah Ular’.

Penyakit langka ini membuat sebagian kulit Ari Wibowo seperti bersisik dan bahkan bisa mengelupas. Kulit di sekujur tubuhnya akan mengering dan mengeras seperti sisik ular. Setelah dua hari, sisik itu akan mengelupas dan kemudian akan tumbuh lagi sisik baru.

Kondisi ini sudah diderita Ari sejak berusia 16 tahun. Meskipun penyakitnya ini membuatnya menderita, namun Ari tetap tabah dan ia tetap beraktivitas seperti mengaji dan sekolah.

3. Sindrom Kura-Kura

Mengerikan, 5 Penyakit Ini Ubah Penderitanya Jadi Seperti Monster
(Foto: metro.co.uk)

Seorang bocah bernama Didier Montalvo, asal Kolombia, menderita kelainan genetik langka yang membuat tumor tumbuh besar di belakang punggungnya. Saking besarnya, tumor tersebut tampak seperti tempurung kura-kura.

Karena kondisinya ini, Didier tidak bisa hidup normal karena tumor besar itu membuatnya sulit bergerak. Masyarakat yang iba melihat kondisinya mencoba membantu menggalang dana, hingga akhirnya penyakit yang diderita Didier tercium media internasional. Sekarang, Didier sudah dioperasi dan tumor besar yang menempel di punggungnya sudah tidak ada lagi.

4. Manusia Akar

Mengerikan, 5 Penyakit Ini Ubah Penderitanya Jadi Seperti Monster
(Foto: zimbio.com)

Dede Koswara atau lebih dikenal dengan julukan Dede si manusia akar sempat mengundang simpati media internasional karena kondisi langka yang dideritanya. Kulit tubuh Dede dipenuhi oleh tumor ganas yang tampak seperti akar pohon.

Penyakit yang dideritanya dikenal dengan istilah epidermodysplasia verruciformis, penyakit langka yang menyerang kulit dan kekebalan tubuh, hampir sama dengan penyakit HPV.

Baca juga: HPV, Penyakit Yang Lebih Mematikan Dari HIV

Dede sempat menjalani beberapa kali operasi untuk menghilangkan tumor di kulitnya. Penampilannya pun sedikit berubah meski masih meninggalkan bekas. Namun malang, Dede menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, pada 30 Januari 2016 lalu.

5. Progeria

Mengerikan, 5 Penyakit Ini Ubah Penderitanya Jadi Seperti Monster
(Foto: ahealthhuman.com

Progeria merupakan kelainan genetik progresif yang menyebabkan penuaan cepat. Biasanya kelainan ini menyerang anak-anak yang umurnya masih belia. Akibatnya, wajahnya jadi tampak tua meski umurnya masih sangat muda. Sayangnya, tidak ada obat untuk menyembuhkan penyakit ini.

Loading...
Loading...