in

Inilah 10 Bangunan Paling Tinggi di Dunia

Perkembangan zaman tidak hanya merambat di bidang teknologi saja, di bidang arsitektur pun kian melaju dengan pesat. Hal ini dibuktikan dengan didirikannya bangunan-bangunan yang sangat tinggi. Tak tanggung-tanggung, beberapa bangunan yang ada di dunia ini memiliki ketinggian yang sangat tinggi. Berikut 10 bangunan tertinggi di dunia.

10. Menara Willis, Amerika Serikat (442 meter)

Menara Willis dianggap sebagai gedung tertinggi di AS sejak tahun 1973. Gedung yang dulunya dikenal Sears Tower ini setidaknya memiliki ketinggian sekitar 442 meter dan mengalahkan ketinggian gedung World Trade Center.

Gedung yang terletak di Chicago, Illonis terdiri dari 110 lantai termasuk lantai bagian atap dan lantai paling atas yang berisi peralatan mekanik. Namun, pada Februari 1982, gedung ini dipasang dua antena televisi sehingga ketinggianya bertambah menjadi 520 meter.

9. International Commerece Centre, Hong Kong (484 meter)

Bangunan tertinggi lainnya yaitu International Commerece Center atau ICC yang terletak di Kowloon Barat, Hong Kong. Gedung ICC ini terdiri dari kantor, observasi, hotel, ritel dan garasi parkir. Tinggi total gedung ICC ini adalah 484 meter dan merupakan gedung tertinggi di Hong Kong.

8. Shanghai World Financial Centre, China (492 meter)

Di China juga ada gedung pencakar langit yang sangat tinggi yaitu Shanghai World Financial Center. Total tinggi gedung ini mencapai 492 yang merupakan gedung tertinggi di Shanghai. Dalam gedung ini terdapat kantor, hotel, mall, serta ruang konferensi.

7. Taipei 101, Taiwan (508 meter)

Gedung yang mulai dibuka pada 31 Desember 2004 ini mungkin termasuk gedung pencakar langit yang paling maju. Dalam gedung ini terdapat fiber optik dan koneksi internet yang bisa mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik. Tak hanya itu, dalam gedung ini juga terdapat lift tercepat di dunia dengan kecepatan maksimum 1.010 m/min.

Taipei 101 ini dibuka oleh Presiden Chen Shui-bian, Walikota Taipei Ma Ying-jeou dan Ketua Legislatif Yuan, Wang Jin-pyng.

6. Menara Ostankino, Rusia (540 meter)

Menara Ostankino merupakan menara televisi dan radio yang terletak di Moskwa, Rusia. Menara ini memiliki ketinggian 540 meter sampai pada tahun 2003, antena baru sudah dipasang dan menambah ketinggian menara ini jadi 577 meter.

Pada 27 Agustus 2000, Menara Ostankino mengalami kebakaran dan menyebabkan tiga orang tewas serta gangguan sinyal televisi dan radio.

5. Menara CN, Kanada (553 meter)

Menara CN terletak di Tornto, Kanada yang dianggap sebagai ikon kota tersebut. Menara dengan ketinggian 553 meter ini termasuk menara tertinggi di dunia. Selain itu Menara CN banyak menarik wisatawan, sekitar dua juta orang mengunjungi menara ini setiap tahunnya.

4. Menara Canton, China (600 meter)

Menara Canton dulunya dikenal dengan nama Menara Guangzhou TV & Sightseeing. Menara yang terletak di Guangzhou ini memiliki ketinggian sekitar 600 meter dan sampai sekarang menara ini merupakan menara tertinggi di China. Dibuka pertama kali pada 29 September 2010 untuk Asian Games 2010.

3. Menara Abraj Al Bait, Arab Saudi (601 meter)

Menara Abraj Al Bait merupakan sebuah kompleks yang dibangun untuk menampung para jamaah Haji. Terletak di Mekkah, kompleks ini terdapat tujuh menara dengan satu menara yang paling tinggi yang dikhususkan untuk apartemen. Selain itu, Menara Abraj Al Bait bisa menampung sekitar 10.000 orang.

2. Tokyo Skytree, Jepang (634 meter)

Tokyo Skytree merupakan menara siaran, observasi dan rumah makan yang terletak di Tokyo, Jepang. Pada bulan Maret 2011 menara ini mencapai ketinggian akhir dengan ketinggian 634 meter. Dengan ketinggian itu membuat Tokyo Skytree menjadi menara tertinggi di dunia dan merupakan struktur tertinggi kedua di dunia.

1. Burj Khalifa, Dubai (828 meter)

Burj Khalifa merupakan bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Terletak di Dubai, Uni Emirat Arab, bangunan ini mulai diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010 lalu. Ketinggian Burj Khalifa mencapai tinggi akhir 828 meter.