in

Berikut 10 Masjid Paling Indah di Indonesia

Indonesia yang mayoritas masyarakatnya beragama islam tentunya mempunyai banyak masjid yang tersebar di seluruh Nusantara. Dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, beberapa masjid dirancang sedemikian rupa yang hasilnya sangat indah dan megah.

Dari sekian banyak masjid yang megah dan indah di seluruh Nusantara, berikut kami sudah mengumpulkan sepuluh masjid paling indah di Indonesia.

10. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

(via Wikipedia.org)

Masjid pertama dengan arsitektur yang indah yaitu Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di pusat Kota Banda Aceh. Masjid ini didirikan pertama kali pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/1612 M.

Dari masa ke masa, Masjid Raya Baiturrahman mengalami banyak perubahan yang pesat. Sekarang masjid ini memiliki luas ruangan 4.760 meter persegi yang mampu menampung kurang lebih 9.000 jamaah.

Pada 26 Desember 2004, tsunami dahsyat menerjang Kota Banda Aceh dan merubah kota itu jadi tumpukan bangunan. Namun, sebuah keajaiban terjadi, di mana Masjid Raya Baiturrahman tetap kokoh dan hanya mengalami sedikit kerusakan.

9. Masjid Agung An-nur, Pekanbaru, Riau

(via blogspot.com)

Masjid yang terletak di Pekanbaru, Riau ini juga tak kalah indah dengan Masjid Raya Baiturrahman di Aceh. Masjid bergaya arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India ini pertama kali dibangun pada tahun 1963 dan selesai pada tahun 1968.

Pada tahun 2000, tepatnya pada masa pemerintahan gubernur Saleh Djasit, masjid ini mengalami renovasi besar-besaran. Sekarang, masjid ini memiliki luas 400 X 200 meter yang mampu menampung 4.500 jamaah. Selain itu, arsitektur masjid ini hampir mirip dengan Taj Mahal yang ada di India, sehingga masyarakat menyebut masjid ini Taj Mahalnya provinsi Riau.

8. Masjid Islamic Center Samarinda, Samarinda, Kalimantan Timur

(via Wikimapia.org)

Masjid Islamic Center Samarinda termasuk masjid terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Selain masjid terbesar, masjid yang terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur ini juga memiliki arsitektur yang sangat indah.

Mulai dari gerbang, menara, sampai kubah yang ada di masjid ini terbilang cukup megah. Setidaknya masjid ini memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi. Selain itu, masjid ini juga memiliki 7 menara di mana menara utama setinggi 99 meter memiliki makna asmaul husna yang jumlahnya 99.

7. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang, Jawa Tengah

(via blogspot.com)

Masjid Agung Jawa Tengah pertama kali didirikan pada tahun 2001 dan diresmikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006. Terletak di Samarinda, provinsi Jawa Tengah, masjid ini termasuk salah satu masjid paling indah di Indonesia.

Masjid ini memadukan perpaduan gaya arsitektur Jawa, Islam dan Romawi, sehingga tak heran sangat indah untuk dilihat terutama dilihat dari udara. Gaya arstitektur Romawi terlihat dari bangunan yang terdiri dari 25 pilar dipelataran masjid yang bergaya koloseum Athena di Romawi dan juga dihiasi oleh kaligrafi yang sangat indah.

6. Masjid Al-Markaz Al-Islami, Makassar, Sulawesi Selatan

(via wordpress.com)

Masjid Al-Markaz Al-Islami mulai dibangun pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 1996. Terletak di Jalan Masjid Raya Makassar, kecamatan Bontala, Makassar, Sulawesi Selatan, masjid ini kini menjadi pusat pengembangan ibadah agama islam terbesar dan termegah di Asia Tenggara. Masjid ini memiliki 3 lantai yang terbuat dari batu granit.

5. Masjid Raya Medan, Medan, Sumatera Utara

(via medanphotos.com)

Masjid Raya Medan didirikan 1 abad yang lalu tepatnya pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909. Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alam sebagai pemimpin Kesultanan Deli kala itu sengaja membuat masjid ini lebih megah dibandingkan dengan istana yang didudukinya.

Masjid Raya Banten memadukan gaya arsitektur Timur Tengah, India dan Spanyol. Dan terlihat berbentuk segi delapan dan memiliki sayap di bagian timur, utara dan barat. Bahkan beberapa dekorasi diimpor dari negara lain, seperti marmer yang langsung dikirim dari Italia, kaca patri dari Cina, dan lampu gantung dari Prancis.

4. Masjid Al-Irsyad, Bandung, Jawa Barat

(via infobandung.co.id)

Masjid ini terbilang sangat unik karena berbentuk seperti kubus besar dengan garis-garis hitam di sekujur dinding masjid. Jika Anda sedang berada di Bandung, tepatnya di Kompleks Kota Baru Parahyangan jangan lupa untuk mengunjungi masjid ini. Kalau tiba waktu shalat, shalat dulu di masjid ini.

Masjid Al-Irsyad pertama dibangun pada tahun 2009, dan membutuhkan waktu satu tahun untuk menyelesaikannya tepatnya pada saat bulan Ramadhan 27 Agustus 2010 lalu. Dengan keunikannya, masjid ini langsung mendapatkan penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2010.

3. Masjid Agung Sumenep, Madura

(via imageshack.us)

Mesjid paling indah selanjutnya yaitu Masjid Agung Sumenep yang terletak di Kota Sumenep Madura. Menurut catatan sejarah, masjid ini mulai dibangun pada tahun 1779 dan selesai pada tahun 1787. Dan juga termasuk salah satu masjid tertua dengan arsitektur yang khas di Indonesia.

Masjid Agung Sumenep yang dikenal dengan sebutan Masjid Jamik Sumenep ini memili tembok dengan pintu gerbang yang sangat indah. Gerbang masjid ini hampir mirip dengan gapura yang memiliki ornamen berbentuk dua lubang tanpa ditutup pada bagian atas gapura. Diibaratkan ornamen itu seperti mata manusia yang sedang melihat.

2. Masjid Istiqlal, Jakarta

(via wikipedia.org)


Masjid Istiqlal memang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara yang mampu menampung maksimal 200.000 jamaah. Masjid ini terletak di ibukota Jakarta dan mulai dibangun pada tanggal 24 Agustus 1951 dan selesai pada tanggal 22 Februari 1978.

Arsitektur masjid ini bergaya Islam modern Internasioanl, yaitu menerapkan bentuk-bentuk geometri sederhana seperti kubus, persegi, dan kubah bola dalam ukuran raksasa. Masjid ini tak hanya digunakan sebagai sarana beribadah tetapi juga digunakan oleh berbagai organisasi islam.

1. Masjid Kubah Emas, Depok, Jawa Barat

(via 456room.com)

Masjid Dian Al Mahri atau lebih dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas ini memang banyak menrik wisatawan karena memiliki kubah yang terbuat dari emas. Masjid yang terletak di Jalan Raya Meruyung, Kecematan Limo, Depok ini dibangun oleh salah seorang pengusaha asal Banten, Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid.

Masjid ini memiliki 5 kubah, satu kubah besar dan 4 kubah lainnya berukuran kecil. Yang lebih uniknya lagi, seluruh kubah tersebut terbuat dari emas setebal 2-3 mm. Selain itu, jika masuk ke dalam masjid, Anda akan melihat lampu gantung yang langsung didatangkan dari Italia.