in , ,

Aneh Tapi Nyata, Pemancing Tangkap Ikan Berkepala Merpati

Aneh Tapi Nyata, Pemancing Tangkap Ikan Berkepala Merpati
Ikan berkepala merpati (Daily Mail)

Sekelompok pemancing di Guizhou, China, berhasil menangkap seekor ikan yang memiliki kepala seperti burung merpati. Sontak saja ikan mutan itu berhasil mengundang perhatian netizen setelah videonya beredar di media sosial.

Beberapa orang mengatakan kalau kepala ikan itu tampak seperti burung merpati atau burung beo, sementara yang lain berpendapat kalau kepalanya lebih mirip dengan lumba-lumba. Namun menurut seorang ahli perikanan, makhluk aneh ini adalah ikan gurame yang cacat.

Videonya kemudian diunggah ke internet dan langsung bikin heboh netizen. Dalam video tersebut memperlihatkan beberapa orang sedang mengurumuni ikan itu sambil mengambil fotonya.

Banyak netizen yang berdebat soal bentuk kepala ikan itu yang aneh. Ada yang menyebutnya mirip merpati, burung beo, dan ada juga yang mengatakan mirip lumba-lumba.

Baca Juga: 8 Hewan Berwajah Unik yang Menyeramkan

“Apakah ikan merupakan hasil persilangan antara ikan mas dan lumba-lumba?” kata salah seorang netizen.

“Seperti ikan radioaktif bagi saya,” kata netizen lain.

Pakar ikan di Museum Sejarah Alam mengatakan kepada MailOnline bahwa mereka tidak dapat mengidentifikasi sepesies ikan tersebut. Tapi dapat disimpulkan kalau ikan ini termasuk keluarga ikan mas.

Ikan itu diklaim mengalami cacat pada bagian kepalanya. International Union for Conservation of Nature menjelaskan bahwa pencemaraan air, mutasi genetik dan cedera bisa menjadi penyebab kenapa seekor ikan memiliki bentuk yang tidak normal.

Namun menurut seorang ahli dari institut Penelitian Perikanan Guizhou, Yang Xing mengatakan kepada Guizhou Urban Daily, ikan berkepala burung itu sebenarnya ikan gurame yang cacat. Dia mengatakan ikan ini mengalami deformasi yang disebabkan karena beberapa hal.

“Salah satunya mungkin karena embiro rusak ketika sedang tumbuh, kemungkinan lain adalah kurangnya oksigen dalam air, serta penangkapan ikan yang terlalu sering yang menyebabkan kepala ikan jadi cacat,” kata Xing.

Menurut laporan media setempat, ikan itu dilepaskan kembali oleh para pemancing setelah ditangkap.