in ,

6 Foto Misterius yang Pernah Bikin Heboh Ini Sebenarnya Palsu

6 Foto Misterius yang Pernah Bikin Heboh Ini Sebenarnya Palsu
Foto: The Richest

Banyak sekali foto-foto yang sudah diunggah ke internet yang jumlahnya sudah tak terhitung lagi. Tak jarang beberapa foto di antaranya ada yang pernah bikin heboh jagad maya karena keanehan dan kemisteriusan foto tersebut. Akan tetapi kebanyakan foto-foto itu hanyalah hoax belaka alias palsu.

Seperti halnya foto-foto misterius yang akan dibahas kali ini. Ketika pertama kali diunggah, foto ini sukses membuat gempar jagad maya karena kemisteriusannya yang bikin bingung warganet. Tapi setelah diselidiki lebih lanjut, rupanya cerita dari foto-foto tersebut hanya mengada-ngada

Dihimpun dari situs The Richest, berikut 6 foto misterius yang pernah bikin heboh dunia maya namun memiliki memiliki cerita yang palsu.

1. Monster Loch Ness

6 Foto Misterius yang Pernah Bikin Heboh Ini Sebenarnya Palsu
Foto: The Richest

Cerita legenda tentang monster Loch Ness sudah ada sejak tahun 1933. Namun kisahnya mulai terkenal berkat foto yang diambil oleh seorang ahli bedah, Kolonel Robert Wilson, pada tahun 1934. Dia mengambil foto yang menunjukkan sosok yang diduga monster Loch Ness.

Selama beberapa dekade orang-orang mempercayai foto tersebut dan menganggap kalau Loch Ness benar-benar ada. Baru pada tahun 1944, seorang pria bernama Christian Spurling mengungkapkan bahwa foto itu sebenarnya palsu.

Foto itu hanyalah hasil rekayasa Wilson yang meminta anaknya untuk membuat objek mirip monster Loch Ness yang tampak keluar dari permukaan air.

2. Turis Peristiwa 9/11

6 Foto Misterius yang Pernah Bikin Heboh Ini Sebenarnya Palsu
Foto: The Richest

Segera setelah tragedi 9/11 (serangan 11 September 2001), sebuah foto yang bikin heboh publik muncul. Foto tersebut menampilkan seorang turis yang berdiri di atas Menara Kembar World Trade Center, detik-detik sebelum pesawat menabrak gedung tersebut.

Foto berserta ceritanya langsung tersebar luas dan sempat membuat seluruh warga New York percaya akan kebenaran foto itu. Tetapi tidak ada yang tahu siapa sebenarnya turis dalam foto tersebut.

Dua bulan kemudian setelah tragedi 9/11, seorang pria asal Brasil bernama Jose Roberto Penteado mengklaim bahwa ia adalah turis pria yang ada dalam foto itu. Namun klaimannya itu dianggap palsu setelah seorang pria asal Hungaria mengklaim kalau dirinya adalah turis yang asli yang ada dalam foto itu. Dia juga memberikan bukti otentik kalau pria dalam foto tersebut benar-benar dirinya. Dia mengatakan mengedit foto pesawat itu yang diambil pada tahun 1997 di New York.

Loading...
Loading...