in ,

5 Hal Super Mahal yang Pernah Dibeli Sultan Brunei

5 Hal Super Mahal yang Pernah Dibeli Sultan Brunei
Foto: The Richest

Brunei Darusallam hanyalah negara kecil di mana banyak masyarakatnya yang hidup dalam kemiskinan. Tapi banyak yang tidak tahu kalau negara berkembang ini diperintah oleh Sultan Hassanal Bolkiah yang kekayaannya sangat melimpah.

Sultan Brunei sudah duduk di atas tahta selama 50 tahun lamanya sampai sekarang dan menjadikannya sebagai raja dengan masa jabatan terpanjang kedua di dunia, menurut Forbes. Kekayan bersihnya ditaksir mencapai $20 miliar (Rp 273 triliun) berkat negaranya yang kaya akan minyak dan gas alam.

Karena kekayaannya yang begitu melimpah, Sultan Brunei terkenal suka hidup mewah dan suka menghabiskan uang sampai puluhan miliar dan bahkan puluah triliun untuk membeli sesuatu yang sangat mahal.

loading...

Dikutip Wow Menariknya dari The Richest, berikut lima hal super mahal yang pernah dibeli Sultan Brunei, dari ribuan koleksi mobil mewah, pesawat pribadi, hingga istana yang megah.

Baca Juga: Membandingkan Kekayaan Bill Gates Dan Raja Salman

1. Mercedes Benz CLK GTR Roadster

Foto: The Richest

Di dunia ini hanya ada 25 unit Mercedes Benz CLK GTR Roadster yang diproduksi. Dan saking kayanya, Sultan Brunei memiliki dua mobil super langka dan super mahal ini. Berapa harganya? Yaitu sekitar $1 juta Rp 13,6 miliar.

2. Memiliki dua pesawat pribadi

Foto: The Richest

Sultan Brunei memiliki beberapa pesawat pribadi, salah satunya pesawat Airbus A340-200. Pesawat ini dihiasi oleh logo Sultan dan cat emas di bagian bawah badan pesawat.

Pesawat yang mampu menampung hingga 200 ini dilengkapi dengan kamar tidur dan tempat konfrensi on-board. Untuk membeli pesawat ini, Sultan Brunei menghabiskan uang sampai $87 juta atau sekitar Rp 1,1 triliun.

Foto: The Richest

Dia juga memiliki pesawat Boeing 747-400 yang biasa digunakan untuk berpergian. Pesawat ini dilengkapi dengan ruang tamu, kamar tidur utama, kamar mandi dan bak cuci dari emas. Untuk membeli pesawat ini, sang sultan harus merogoh kocek uang sampai $520 juta (Rp 7,1 triliun).

3. Mengadakan konser Whitney Houston dan Michael Jackson

Foto: The Richest

Pada tahun 1996, Sultan Brunei pernah mengundang Whitney Houston untuk tampil di Brunei. Menurut rumor, penyanyi legendaris yang meninggal pada tahun 2012 lalu itu dibayar $7 juta (Rp 95,8 miliar) oleh sang sultan.

Pada tahun yang sama pula, Sultan Brunei juga mengundang Michael Jackson untuk tampil. Sang King of Pop itu dikabarkan dibayar sampai $17 juta (Rp 232 miliar) dalam penampilannya tersebut.

Selain dua penyanyi legendaris tersebut, Sultan Brunei juga pernah mengundang Elton John, Diana Rose, Bon Jovi, Tina Turner dan masih banyak lagi.

4. Memiliki banyak rumah mewah

Foto: The Richest

Sultan Brunei memiliki banyak rumah mewah bernilai ratusan juta dollar. Salah satu yang paling terkenal adalah Istana Nurul Iman, yang merupakan tempat tinggal resmi Sultan.

Istana besar ini merupakan tempat tinggal keluarga terbesar yang pernah dibangun dan dilengkapi dengan 1.788 kamar, 257 kamar mandi, 5 kolam renang, 18 lift, ruang penjamuan 5.000 kursi, dan masjid pribadi.

Dulu, Sultan menghabiskan uang pribadinya sebesar $400 juta atau Rp 5,4 triliun untuk membangun istana super megah ini. Kalau sekarang, nilai tersebut setara dengan $1,5 miliar (Rp 20,5 triliun).

5. Memiliki banyak koleksi mobil mewah

Foto: The Richest

Koleksi mobil mewah Cristiano Ronaldo tidak ada apa-apanya dengan Sultan Brunei. Ya, dia memiliki sekali banyak koleksi mobil mewah. Setidaknya dia memiliki sekitar 7.000 mobil dan semuanya dianggap sebagai mobil terbaik di dunia.

Sultan memiliki garasi yang sangat luas di mana semua mobilnya disimpan di sana. Butuh waktu 1 jam 30 menit untuk mengeluarkan mobil dari belakang ke depan saking banyaknya.

Koleksinya tersebut mencakup 22 mobil BMW, 17 Audi, 94 Aston Martins, 6 Buggati, 3 Duccati, 405 Bentleys dan 600 Mercedes, beberapa Lamborghini dan Porshe. Secara keseluruhan, ia menghabiskan uang sampai $5 miliar (Rp 68,4 triliun) untuk koleksinya tersebut.

loading...
loading...
Loading...
Loading...