in

10 Pohon Paling Aneh di Dunia

Pohon memang memiliki peranan penting untuk menjaga keseimbangan alam. Selain itu di dunia ini ada banyak jenis pohon yang mungkin belum diketahui orang. Karena ada banyak jenis pohon, tak heran beberapa pohon memiliki karakteristik yang berbeda seperti pohon biasa pada umumnya.

Pohon-pohon tersebut bahkan dikatakan sangat aneh, baik dari segi bentuknya atau kisahnya yang menarik. Berikut 10 pohon paling aneh di dunia, seperti dilansir Yur Topic.

10. Tree of Life

Motif dari Tree of Life atau pohon kehidupan sudah terlihat dalam agama, ilmu pengetahuan, dan mitologi. Tree of Life yang terletak di Bahrain ini dikaitkan dengan semua kehidupan di bumi ini. Selain itu Tree of Life merupakan pohon yang luar biasa yang mampu bertahan hidup tanpa air selama lebih dari 400 tahun. Hal itu karena pohon tersebut terletak di tengah gurun yang tak ada sumber air.

Bahkan tak ada ilmuan yang mampu mencari tahu di mana pohon ini mendapat pasokan air dan bagaimana pohon itu bisa bertahan hidup. Oleh UNESCO, Tree of Life dianggap sebagai Situs Warisan Dunia.

9. Pohon Ta Prohm

Ta Prohm yaitu nama dari sebuah candi yang terletak di Kamboja. Wilayah itu dianggap suci oleh masyarakat Kamboja. Candi yang dibangun pada abad ke-12 itu sekarang hanya tinggal reruntuhan. Akibatnya pohon-pohon dibiarkan tumbuh dan melilit kuil selama ratusan tahun.

Karena keunikan pohon yang memeluk Ta Prohm inilah yang membuat candi ini banyak dikunjungi wisatawan. Pada tahun 1992, Ta Prohm masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

8. Pohon Baobab

Pohon Baobab merupakan spesies pohon asli Madagaskar, Afrika, serta Australia. Pohon ini sering dipanggil dengan sebutan ‘Teapot Baobabs’, karena mereka tumbuh dari kolam yang ada di bawah tanah. Pohon Baobab bisa tumbuh lebar dan tinggi serta memiliki tingkat kelangsungan hidup terpanjang dari jenis pohon apapun.

Yang membuat pohon ini begitu unik yaitu pada bagian batangnya yang lebar. Sementara itu Baodab kadang tak berdaun.

7. Pohon Naga

Di salah satu Kepulauan Canary, yang terletak di lepas pantai Barat Laut Afrika, merupakan lokasi terkenal karena memiliki Pohon Naga. Konon menurut situs wilayah Tenerife, pulau di mana pohon ini tumbuh, jika seekor naga mati, maka naga tersebut menjadi pohon. Itulah mengapa ponon ini diberi nama Pohon Naga dan dianggap sebagai fosil hidup.

Menurut Global Tree Campaign, Pohon Naga terkait dalam mitos Yunani, “The Eleventh Labor of Hercules”. Menurut mitos itu, Hercules harus membunuh naga berkepala seratus untuk memenuhi tugasnya membawa kembali tiga apel emas dari Taman Hesperides.

Selain itu Pohon Naga memiliki getah berwarna merah yang merupakan simbol dari darah naga yang ditumpahkan dalam pertempuran mitologis. Getah ini digunakan juga untuk mumifikasi oleh orang-orang Guanche yang tinggal di Kepulauan Canary.

6. General Sherman

Di Sequoia National Park di California ada pohon sequoia raksasa yang dikenal dengan nama General Sherman. Pohon ini bukan merupakan pohon tertua, terbesar, atau tertinggi di dunia, melainkan pohon dengan volume terbesar di dunia. Menurut National Parks Service, volume General Sherman lebih dari 1.486 meter kubik. Pengukuran ini tidak termasuk besar cabang pohon.

Nama pohon yang diperkirakan berusia 2.500 tahun ini diberikan setelah America Civil War General Sherman, perang sudara di Amerika, oleh letnanya, James Wolverton.

5. El Arbo de la Sabina

El Arbo de la Sabina adalah nama untuk pohon yang satu ini. Dalam bahasa Spanyol “Sabina” berati Juniper, pohon ini juga terkenal dengan nama pohon Juniper. Seperti Pohon Naga, pohon ini juga terletak di salah satu Kepulauan Canary, El Hierro. Pohon ini terkenal karena batang pohonnya yang cacat yang tak seperti batang pohon pada umumnya.

4. Pirangi Cashew

Pirangi Cashew yang terletak di Brazil merupakan pohon mete terbesar di dunia. Menurut Natal Brazil, pohon Pirangi Cashew mencakup area seluas 78.000 sampai 90.000 meter persegi atau hampir sekitar 2 hektar.

Sebagian besar pohon mete tumbuh ke atas, berbeda dengan Pirangi Cashew yang tumbuh ke samping. Selain itu saat cabangnya menyentuh tanah maka akan tumbuh lagi ke atas.

3. Pohon Pinus Bengkok

Pada 1930, ada sekitar 400 pohon pinus yang ditanam di hutan Gryfino di Polandia. Semua spesies pinus tumbuh lurus ke atas, namun di hutan Gryfino, semua pohon pinus tumbuh dengan batang yang bengkok atau melengkung. Pohon tersebut tumbuh dengan lengkungan 90 derajat pada bagian dasar batang pohon itu.

Ada anggapan baha lengkungan pada batang pohon pinus ini ada campur tangan manusia. Tapi pohon pinus itu ditanam sebelum Perang Dunia II dan tidak pernah dibudidayakan oleh manusia. Hingga sekarang lengkungan itu masih jadi misteri.

2. Pohon Burmis

Kebanyakan pohon kalau sudah mati, mereka akan menunjukkan tanda-tanda membusuk. Namun hal ini tak terjadi pada Pohon Burmis yang terletak di Alberta, Kanada. Pohon Burmis hidup selama 300 tahun sebelum akhirnya mati pada tahun 1970-an. Pohon itu tumbuh di dataran berbatu sepanjang Alberta Crownest Pass, dekat kota tambang terkenal, Frank Slide.

Saat ini daerah itu merupakan kota hantu. Tapi Pohon Burmis merupakan sebuah simbol, bahwa meskipun segala sesuatu di daerah itu sudah meninggal atau hilang, semuanya tetap bertahan hidup.

1. Pohon Tenere

Pohon Tenere dikenal sebagai pohon paling kesepian di dunia, karena ia hanya sendirian di sebuah padang gurun. Pohon Tenere juga dipanggil dengan sebutan Abre du Tenere yang dulunya merupakan salah satu dari ratusan pohon yang hidup di wilayah Sahara. Tapi sebagian besar pohon mati, dan tinggal pohon Tenere yang tinggal sendirian.

Kasihan bukan, teman-temannya mati, sedangkan ia tinggal sendiri di gurun. Ya meksipun hanya pohon, tapi tetap aja mereka juga hidup.