in

10 Negara Dengan Harga BBM Termahal di Dunia

(foto: Therichest.com)

Keperluan akan Bahan Bakar Minyak (BBM) sama pentingnya dengan sepiring nasi. Kita yang hidup di zaman serba canggih ini pasti akan selalu membutuhkan yang namanya bensin, terutama bagi pengguna kendaraan pribadi.

Namun, bila harga BBM naik, dampaknya juga akan terasa pada sektor perekonomian lainnya. Misalnya saja, kebutuhan pokok seperti sayuran, beras, daging, dan lainnya juga pasti akan ikut naik.

Loading...

Beberapa hari yang lalu, Presiden RI Joko Widodo resmi mengumumkan kenaikan harga BBM jenis solar dan premium. Harga BBM di Indonesia dinaikan karena alasan tertentu. Berbagai bentuk protes pun dikeluarkan masyarakat menolak kenaikan harga BBM yang dianggap bisa menyengsarakan rakyat.

Tapi, mahalnya harga BBM di Indonesia masih belum seberapa dibandingkan dengan beberapa negara ini yang menyandang status sebagai negara dengan harga bensin termahal di dunia.

Berikut 10 negara dengan harga bensin termahal di dunia, yang dikutip dari The Richest, per September 2013. (Harga BBM per galon).

10. Belgia – $8,19 per galon (Rp 99 ribu)

Belgia merupakan salah satu negara indsutri di Eropa Barat. Rata-rata penggunaan bensin per kapita di negara ini lebih tinggi dibandingkan dengan Amerika Serikat. Oleh karena itu, pemerintah Belgia mengenakan tarif cukai yang tinggi pada pengguna bahan bakar minyak.

Ketidakstabilan harga minyak di negara ini juga mempengaruhi harga makanan dan barang konsumsi lainnya. Pada tahun 2011, ketika harga bensin naik sebesar 10 persen, barang non-energi juga ikut naik sebesar 2,3 persen.

9. Hong Kong – $8,21 per galon (Rp 100 ribu)

Hong Kong merupakan salah satu kota yang paling padat penduduknya di dunia. Karena hal itu, konsumsi bahan bakar minyak di Hong Kong juga sangat tinggi. Harga bensinnya saja mencapai $8,21 per galon atau sekitar Rp 100 ribu. Untuk mengontrol pengguna bensin, pemerintah mengenakan tarif pajak sebesar 78 sen untuk setiap per liter bensin.

8. Portugal – $8,38 per galon (Rp 102 ribu)

Di Portugal, tarif pajak untuk setiap galon bensin, setara dengan 64 persen harga aslinya. Hal itu membuat pengguna kendaraan untuk menyeberangi perbatasan ke Spanyol untuk mendapatkan gas yang lebih murah.

7. Yunani – $8,39 per galon (Rp 102 ribu)

Yunani merupakan salah satu negara yang terkena dampak krisis keuangan global. Karena hal itu, dampak krisis yang dialami negara ini adalah pada sektor minyak. Bahkan, Iran yang dulunya merupakan pemasok bensin terbesar ke Yunani berhenti karena kekurangan dan telat pembayaran.

6. Swedia – $8,40 per galon (Rp 102 ribu)

Harga bensin yang tinggi di Swedia dikaitkan dengan keinginan negara ini untuk tidak menggunakan penggunaan bahan bakar fosil pada tahun 2020 nanti. Sehingga membuat Swedia menjadi negara pertama di dunia yang bebas minyak.

5. Perancis – $8,53 per galon (Rp 103 ribu)

Beberapa tahun yang lalu, harga bensin per galon di Perancis hanya mencapai $7,49. Namun, setelah pemerintah menaikan tarif pajak yang lebih tinggi dari penghasilan barang-brang konsumsi, warga Perancis terpaksa harus mengencangkan ikat pinggang mereka.

4. Italia – $8,92 per galon (Rp 108 ribu)

Sementara Italia merupakan negara dengan ekonomi terbesar ketiga di Uni Eropa, Italia juga tak luput dari korupsi dan penggelapan pajak. Karena hal itu Italia mengalami beberapa masalah dalam perekonomian. Untuk mengatasinya, pemerintah telah menaikan tarif pajak gas. Jadi, tak heran kalau bensin di negara ini sangat mahal.

3. Belanda – $8,95 per galon (Rp 109 ribu)

Krisis ekonomi global ternyata berpengaruh terhadap negara dengan perekonomian paling stabil. Sebelum krisis, perekonomian Belanda terus tumbuh setiap tahunnya selama 26 tahun berturut-turut dari tahun 1982.

Namun, pada tahun 2008, krisis melanda negara kincir angin ini. Meskipun penyulingan minyak bumi merupakan salah satu industri utama, harga gas masih tetap naik. Pada tahun 2011, harga bensin di Belanda mencapai $9,13 per galon, tetapi kembali lagi menjadi $8,95 per galon.

2. Norwegia – $9,97 per galon (Rp 121 ribu)

Norwegia merupakan salah satu negara pengekspor minyak terbesar di dunia. Tetapi, dalam langkah antisipasi penurunan ekonomi negara ini, pemerintah tetap mengenakan tarif yang mahal pada minyak dan gas. Akibatnya, negara ini memiliki kekayaan yang besar yang digunakan untuk menutupi biaya publik.

1. Turki – $9,98 per galon (Rp 121.700)

Meskipun Turki berhubungan erat dengan negara-negara penghasil minyak terbesar di Timur Tengah, tetapi Turki tetap menjadi negara dengan harga BBM terhamal di dunia. Hal itu dikarenakan negara ini sangat bergantung pada minyak impor, serta perekonomiannya yang bergantung pada kebutuhan energi sebesar 97 persen.

(Baca juga: 10 Negara Dengan Harga BBM Termurah di Dunia)

loading...
Loading...
Loading...