in

10 Masjid Tertua di Indonesia

Pada umumnya masyarakat Indonesia memeluk agama Islam, dengan jumlah mayoritas islam yang tinggi tidak heran jumlah masjid yang ada di Indonesia sangat banyak.

Ketika agama islam mulai masuk ke Indonesia beberapa masjid mulai didirikan untuk tempat ibadah. Meskipun di Indonesia sangat banyak sekali masjid, namun ada beberapa masjid yang berumur sangat tua yang ada di Indonesia ini. Berikut 10 masjid tertua di Indonesia.

10. Masjid Tua Palopo (1604)

loading...
(images: blogspot)

Terletak di kota Palopo, Sulawesi Selatan, Masjid Tua Palopo merupakan peninggalan Kerajaan Luwu. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia karena didirikan pada tahun 1604 masehi. Pendiri masjid ini adalah seorang Raja Luwu yang bernama Datu Payung Luwu XVI Pati Pasaung Toampanangi Sultan Abdullah Matinroe.

9. Masjid Katangka (1603)

(images: blogspot)

Masjid Katangka juga dikenal dengan sebutan Masjid Al-Hilal merupakan masjid tertua berikutnya yang berada di Indonesia. Nama masjid itu sendiri diambil karena bahan dasar pembuatan masjid tersebut diyakini terbuat dari pohon Katangka. Menurut sebuah prasasti masjid ini dibangun sejak tahun 1603 masehi.

8. Masjid Mantingan (1559)

(images: blogspot)

Masjid tertua di Indonesia yang selanjutnya adalah Masjid Mantingan, sebuah masjid kuno yang terletak di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Masjid Mantingan dibangun pada tahun 1481 Saka atau 1559. Masjid ini konon didirikan pada masa Kesultanan Demak.

7. Masjid Agung Banten (1552)

(images: bimasislam)

Masjid Agung Banten terletak di Provinsi Banten merupakan masjid tertua di Indonesia yang penuh dengan nilai sejarah. Selain umurnya yang tua, masjid ini memiliki sebuah menara yang sangat mirip dengan bentuk sebuah bangunan mercusuar. Masjid ini dibangun oleh sultan pertama Kesultanan Banten, Sultan Maulana Hasanudin pada tahun 1552.

6. Masjid Menara Kudus (1549)

(images: blogspot)

Pada tahun 1549 masehi, Sunan Kudus membangun sebuah masjid yang kemudian diberi nama Masjid Menara Kudus atau dikenal juga dengan sebutan Masjid Al Aqsa dan Masjid Al Manar. Terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, masjid ini dibangun dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina. Selain itu, Masjid Menara Kudus merupakan perpaduan antara budaya Islam dan budaya Hindu.

5. Masjid Sultan Suriansyah (1526)

(images: bocahpetualang)

Masjid Sultan Suriansyah merupakan salah satu masjid tertua di Kalimantan Selatan sekaligus di Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1526 oleh Raja Banjar pertama yang memeluk agama islam, Sultan Suriansyah. Arsitektur masjid ini memiliki bentuk arsitektur tradisional Banjar, dengan konstruksi panggung dan beratap tumpang.

4. Masjid Agung Demak (1474)

(images: Wikipedia)

Salah satu masjid tertua di Indonesia ini dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para ulama atau walisongo yang menyebarkan agama Islam di Jawa. Pendiri masjid ini diperkirakan didirikan oleh Raden Patah, raja pertama dari Kesultanan Demak sekitar abad ke-15.

3. Masjid Ampel (1421)

(images: wordpress)

Masjid Ampel terletak di kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur.  Sunan Ampel adalah pendiri masjid yang dibangun pada tahun 1421. Di dekat masjid ini terdapat kompleks pemakaman Sunan Ampel.

2. Masjid Wapauwe (1414)

(images: wordpress)

Masjid ini dibangun pada tahun 1414 masehi dan menjadi masjid tertua di Maluku. Dinding masjid ini terbuat dari pelapah sagu yang kering dan pada bagian atap terbuat dari daun rumbia. Menurut cerita rakyat yang beredar, masjid ini pernah berpindah tempat secara gaib.

1. Masjid Saka Tunggal (1288)

(images: infospesial)

Masjid tertua di Indonesia yaitu Masjid Saka Tunggal. Seperti yang tertulis pada Saka Guru (Tiang Utama) masjid ini, Masjid Saka Tunggal dibangun pada tahun 1288 masehi. Setiap tanggal 27 Rajab di masjid ini diadakan pergantian Jaro dan pembersihan makam Kyai Mustolih.

loading...
loading...
Loading...
Loading...