in

10 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Seluruh orang di dunia ini pasti pernah mendengarkan musik sesuai seleranya masing-masing. Ketika pikiran dan jiwa butuh ketenangan, mendengarkan musik merupakan pilihan yang sangat tepat.

Tapi selain bisa menangkan pikiran, musik juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Hal itu dikarenakan musik memiliki keterlibatan dengan aktivitas otak manusia. Berikut 10 manfaat kesehatan mendengarkan musik, seperti dilansir Helathmeup.

10. Meredakan nyeri

loading...

Musik memiki sifat memanajemen rasa nyeri dengan cara bekerja pada sistem saraf. Hal ini bisa meringkan rasa sakit kronis dan bahkan mengurangi rasa nyeri pasca operasi.

Di dunia medis, musik sering digunakan sebagai pengganti obat saat melahirkan, anestesi dan obat pengurangi sakit sesudah operasi. Musik akan memaksa tubuh untuk melepaskan endorfin yang bisa menetralkan rasa sakit. Selain itu, musik dengan alunan nada yang lambat dapat melemaskan detak jantung dan pernapasan pasien.

9. Meningkatkan kesehatan pembuluh darah

Tempo, intensitas dan kecepatan musik dapat mempengaruhi jantung. Musik yang agak bergairah dapat meningkatkan denyut jantung dan juga pernpasan, sementara itu musik slow dapat menurunkan denyut jantung. Hal tersebut tentu sangat baik agar jantung tetap sehat dan terkontrol.

8. Meningkatkan visual, kemampuan verbal dan kecerdasan

Pendidikan musik yang diberikan kepada anak-anak usia dini dapat meningkatkan kinerja otak mereka, dan juga keterampilan verbal serta keterampilan visual. Memainkan musik juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan seseorang dan IQ.

7. Meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penuaan otak

Mendengarkan musik bagi seseorang yang sudah beranjak tua dapat membantu otak tetap sehat dan awet muda. Di sini musik bertindak sebagai pelatih untuk otak.

6. Meningkatkan mood

Ketika mendengarkan musik, mood atau suasana hati dapat berubah secara drastis. Hal itu dikarenakan musik dapat mempengaruhi otak untuk melepaskan dopmain, bahan kimia yang dapat meredakan suasana hati secara langsung dan cepat.

5. Mengontrol tekanan darah

Mendengarkan musik secara teratur juga dapat membantu seseorang untuk mengontrol tekanan darahnya. The American Society of Hypertension menunjukkan bahwa 30 menit Celtic, musik klasik atau musik raga per hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Memiliki waktu tidur yang baik dan teratur berarti memiliki tubuh yang sehat. Musik dapat menenangkan pikiran dan jiwa untuk membantu Anda agar tidur nyenyak. Mereka akan mempromosikan efek memerangi insomnia, gangguan dalam tidur.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mendengarkan jenis musik tertentu dapat menyebakan tubuh mengeluarkan hormon untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selama 50 menit mendengarkan musik yang menggembirakan dapat meningkatkan kadar antibodi dalam tubuh dan menurunkan stres.

2. Membantu mengendalikan asupan makanan

Cara terbaik untuk mengontrol asupan makanan adalah dengan mendengarkan musik. Sebab makan sambil mendengarkan musik dapat membantu seseorang makan secara perlahan dan tidak terlalu banyak. Pada akhirnya dengan pola makan seperti itu dapat membantu seseorang menurunkan berat badannya.

1. Mempercepat pemulihan

Mendengarkan musik dapat merilekskan pikiran dan meringankan otot-otot Anda pasca latihan dari rasa sakit atau keram.

loading...
loading...
Loading...
Loading...