in

10 Makanan Yang Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi yang menyebabkan darah mengalir melalui arteri pada tingkat yang lebih tinggi dari tekanan normal. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung. Anda pastinya tidak mau terkena penyakit paling mematikan tersebut, oleh karena itu jika mau mengurangi tekanan darah tinggi sebaiknya Anda harus memperhatikan asupan makanan Anda.

Beberapa makanan memang memiliki kemampuan untuk mengurangi tekanan darah tinggi, apa saja makanan tersebut? Berikut 10 makanan yang bisa mengurangi tekanan darah tinggi.

10. Pisang

Tidak hanya lezat, pisang juga membantu mengurangi risiko terkena stroke dan penyakit jantung. Pisang memiliki tingkat tertinggi kalium terhadap natrium. Jadi makan satu atau dua pisang sehari dapat membantu mengembalikan kadar gula darah.

9. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari merupakan sumber magnesium. Seperempat cangkir biji bunga matahari menjadi cemilan yang bergizi. Namun Anda harus membeli biji bunga matahari tanpa rasa asin, karena yang asin mengandung banyak sodium.

8. Coklat Gelap

Sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Juli, 2007, Journal of American Medical Association (JAMA) menunjukan bahwa makan beberapa coklat gelap setiap hari membantu menurunkan tekanan darah. Flavanols, yang terdapat dalam coklat gelap dapat meningkatkan beberapa faktor risiko kardiovaskular penting dan juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

7. Flaxseed

Coba tambahkan flaxseed dalam makanan yang biasanya Anda makan, flaxseed tinggi akan serat dan dapat membantu mereka yang berusaha untuk mempertahankan diet ketat dan diet sehat. Selain itu, flaxseed dapat menurunkan kolesterol dan kaya akan asam lemak Omega-3 yang melawan peradangan dan infeksi.

6. Bayam

Sayuran hijau segar ini rendah akan kalori, kaya akan serat dan dikemas dengan nutrisi seperti kalium dan magnesium. Hal ini dapat menurunkan dan menjaga tekanan darah.

5. Tomat

Tomat kaya akan likopen dan antioksidan yang membantu menurunkan tekanan darah. Tomat merupakan sumber kaya akan kalium. Kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko terkena serangan jantung.

4. Bawang Putih

Makanan ini memabantu memerangi hipertensi karena bertindak sebagai pengecer darah. Ketika bawang putih dicincang, mereka akan menghasilkan allicin, senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur. Dan dapat membantu menyembuhkan penyakit yang timbul akibat hipertensi seperti stroke dan penyakit jantung. Bawang putih juga membantu menurunkan kolesterol.

3. Susu Skim

Minum susu skim dapat membuat jantung menjadi sehat dan akan memproduksi kalsium, kalium, dan vitamin D, tiga nutrisi ini akan bekerja layaknya sebuah tim untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

2. Kedelai

Ketika kalium rendah, tubuh akan mempertahankan natrium dan sodium sehingga menjadi banyak yang bisa menyebabkan tekanan darah naik. Namun bila kalium tinggi, tubuh akan membuang sebagian natrium dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Termasuk kedelai yang kaya akan kalium dan isoflavon, yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Makanan Gandum (mis: Oatmeal)

Makanan gandum merupakan sumber yang sangat baik dari serat, magnesium, dan nutrisi penting lainnya yang membantu menurunkan tekanan darah agar tetap stabil. Makanan yang kaya akan serat juga membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.