in

10 Makanan Yang Mengandung Lemak Tersembunyi

Mungkin selama ini Anda tidak menyadari bahwa makanan yang Anda konsumsi mengandung lemak tersembunyi. Ketika Anda sedang diet, terkadang Anda berpikir bahwa makanan tersebut tidak mengandung lemak sama sekali, kenyataannya makanan tersebut mengandung lemak yang mungkin belum Anda ketahui sehingga diet Anda sama sekali tidak berguna.

(images: kettlebrand)

Untuk menghindari hal tersebut, mulai dari sekarang sebaiknya Anda harus lebih hati-hati dengan makanan yang Anda konsumsi, terutama untuk orang yang sedang diet. Lalu apa saja makanan yang mengandung lemak tersembunyi tersebut? Berikut 10 makanan yang mengandung lemak tersembunyi seperti dikutip dari Health24.

10. Mayones

loading...
  • 79 gram lemak per 100 gram mayones reguler

Tips: Ganti mayones dengan saus rendah lemak atau dengan setetes kecap atau juga bisa cuka pada salad, dan bukan menggunakan yoghurt rendah lemak atau keju dalam saus. Jangan menambahkan mayones pada ayam atau roti isi Anda, cukup dengan menambahkan rempah-rempah, lada hitam dan irisan tomat sudah membuat makanan tersebut lebih sehat dan rendah lemak.

9. Kacang-kacangan

  • 79 gram lemak per 100 gram kacang-kacangan (mis: kacang macadamia)

Tips: Perhatikan bahwa kacang harus tetap menjadi bagian dari diet seimbang Anda, meskipun kandungan lemak dalam kacang cukup tinggi, tetapi kacang rendah kolesterol dan mengandung lemak baik. Namun, Anda harus membatasi asupan kacang beberapa minggu jika sedang mencoba menurunkan berat badan. Dan lebih memilih varietas rendah lemak, seperti kacang almond, bukan kacang macadamia.

8. Krim kopi

  • 50 gram lemak per 100 gram krim kopi

Tips: Cukup jangan menambahkan krim pada kopi Anda, melainkan menggunakan susu rendah lemak.

7. Selai kacang

  • 50 gram lemak per 100 gram selai kacang

Tips: Sementara selai kacang menjadi sumber lemak tak jenuh tunggal, bisa menjadi berita buruk bagi pinggang Anda jika makan terlalu banyak. Carilah selai kacang bebas gula dan batasi konsumsi selai kacang sampai empat sendok teh per minggu dan tambahkan sedikit selai kacang pada roti isi Anda.

6. Keripik kentang

  • 35 gram lemak per 100 gram keripik kentang

Tips: Ketika Anda mau membeli makanan ringan, sebaiknya Anda perhatikan dengan hati-hati nilai nutrisi makanan tersebut. Popcorn adalah pilihan yang lebih baik dan lebih sehat dibandingkan dengan kripik kentang, dengan syarat jangan menambahkan mentega pada popcorn tersebut. Atau bisa dengan makanan ringan lainnya yang asin terbebas dari asam lemak.

5. Keju

  • 33 gram lemak per 100 gram keju (mis: keju cheddar)

Tips: Kurangi konsumsi makanan yang mengandung sejumlah besar keju seperti pizza atau pasta juga roti isi keju dari diet Anda.

4. Daging merah

  • 31 gram lemak per 100 gram daging sapi panggang atau dimasak

Tips: Pilihlah ikan atau unggas dengan kulit dihilangkan daripada daging merah. Hilangkan lemak yang terlihat pada daging tersebut dan tidak menambahkan lemak ekstra atau minyak pada daging yang akan dimasak. Hindari daging yang memiliki lemak yang terlihat jelas, seperti sosis dan daging asap.

3. Kue

  • 23 gram lemak per 100 gram kue (mis: kue kering)

Tips: Ini mungkin merupakan kabar buruk bagi pecandu kue. Gantilah makanan ini dalam diet Anda jika ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan jantung, Anda bisa menggantinya dengan roti gandum.

2. Hidangan gorengan

  • 22 gram lemak per 100 gram hidangan goreng

Tips: Kurangilah konsumsi hidangan gorengan jika ingin menurunkan berat bedan. Masih banyak metode lain selain menggoreng seperti memanggan dan merebus yang lebih baik dibandingkan dengan menggoreng.

1. Alpukat

  • 17 gram lemak per 100 gram alpukat

Tips: Alpukat memang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang diperlukan dalam diet seimbang Anda, tapi ingatlah jika terlalu banyak memakan alpukat bisa menyebabkan masalah dalam hal penurunan berat badan. Jangan makan alpukat lebih dari satu per minggu, dan jangan menggabungkan alpukat dengan mayones. Sebaiknya menambahkan jus lemon untuk menambah rasa.

loading...
loading...
Loading...
Loading...