in

10 Kawah Meteor Terbesar di Dunia

Kita tidak tahu setiap hari bumi ini dihantam banyak meteor atau asteroid yang pada umumnya dikenal dengan bintang jatuh. Ketika memasuki atmosfer bumi, meteor tersebut mengalami gesekan sehingga tidak sampai ke permukaan bumi.

Namun jika meteor tersebut terlalu besar, dan atmosfer bumi tidak mampu menghancurkan seluruhnya, maka meteor tersebut akan jatuh ke permukaan bumi dan membentuk sebuah kawah meteor. Dan berikut 10 kawah meteor terbesar di dunia.

10. Kawah Morokweng

(images: Bizzorg)

Morokweng merupakan kawah yang terkubur di bawah Gurun Kalahari dekat kota Morokweng, Provinsi North West, Afrika Selatan. Ditemukan pada tahun 1994, kawah ini memiliki diameter 70 km dan terbentuk  145 juta tahun yang lalu
 
9. Kawah Chesapeake Bay

(images: npschesapeakeba)

Kawah ini ditemukan di Virginia, Amerika Serikat, dan diperkirakan terbentuk sejak 35 juta tahun yang lalu. Kawah ini ditemukan pertama kali pada tahun 1980, perkiraan diameter kawah ini mencapai 85 km.

8. Kawah Acraman

(images: apana)

Acraman diperkirakan terbentuk  580 juta tahun yang lalu. Kawah yang terletak di Australia Selatan ini memiliki diameter 90 kilometer. Kawah ini terletak di tempat yang sekarang merupakan sebuah Danau Acraman.

7. Kawah Vredefort

(images: travel-visit-places)

Kawah ini merupakan kawah tertua di dunia yang terbentuk 2 miliar tahun yang lalu. Terletak di Free State, Afrika Selatan, memiliki diameter 90 km dan diakui UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2005. Kawah ini dikenal juga dengan sebutan Vredefort Dome.

6. Kawah Manicouagan

(images: Wikipedia)

Kawah ini terletak di Quebec, Kanada. Usia kawah ini diperkirakan berumur 215 juta tahun yang lalu. Bahkan dengan erosi, kawah ini tetap dianggap sebagai salah satu kawah terbesar di dunia dengan diameter sekitar 100 km.

5. Kawah Popigai

(images: cbsnews)

Ketika meteor menghantam permukaan bumi dampaknya sama seperti sebuah bom nuklir. Kawah ini ditemukan di Siberia, Rusia, diperkirakan kawah ini terbentuk sejak 35,5 juta tahun yang lalu. Rusia mengklaim bahwa kawah ini mengandung triliunan karat berlian. Diameter kawah ini mencapai 100 km.

4. Kawah Kara

(images: world-mysteries)

Kawah yang terletak di Nenetsia, Rusia, diperkirakan terbentuk sejak 70,3 juta tahun yang lalu. Kawah ini sekarang sangat terkikis sekali dan memiliki diameter 120 km. Banyak yang mengkalim bahwa kawah ini pada dasarnya terdiri dari dua kawah yang berdekatan. 

3. Kawah Woodleigh

(images: australiangeographic)

Terletak di Australia Barat, asteroid yang diperkirakan muncul sejak 364 juta tahun yang lalu memiliki diameter yang tidak pasti, namun beberapa laporan menyebutkan bahwa diameter kawah ini yaitu sekitar 40-120 km.

2. Kawah Sudbury Basin

(images: Wikipedia)

Kawah ini dikenal dengan sebutan Sudbury Basin yang merupakan kawah tertua kedua di dunia yang terbentuk 1,8 miliar tahun yang lalu. Terletak di Ontario, Kanada, kawah ini memiliki diameter 130 km.

1. Kawah Chicxulub

(images: toptensworld)

Chicxulub dikenal sebagai ibunya kawah. Terletak di Yucatán, Meksiko, kawah ini memiliki diameter 180 km dan terbentuk sejak 65 juta tahun yang lalu. Banyak para ilmuan yang mengira bahwa meteorit ini yang menyebabkan kepunahan dinosaurus di bumi.