in

10 Hewan Yang Berhibernasi

Salah satu fakta yang menarik dari hewan adalah hibernasi. Beberapa dari hewan yang ada di dunia melakukan hibernasi atau tidur panjang tanpa makan dan minum. Mungkin kita sebagai manusia akan sulit mempercayai bagaimana bisa tidur nyenyak tanpa makan dan minum.

Lalu untuk apa beberapa hewan tersebut berhibernasi? Beberapa hewan melakukan hibernasi untuk beradaptasi dengan lingkungan tertentu. Ketika musim dingin tiba, beberapa hewan berimigrasi ke iklim yang lebih hangat, sedangkan yang lain memilih untuk tinggal dan berhibernasi.

Ada banyak hewan di dunia ini yang melakukan hibernasi, namun WOW Menariknya sudah merangkum menjadi 10 hewan.  Apa saja hewan-hewan yang memiliki kemampuan menarik ini. Berikut 10 hewan yang berhibernasi.

10. Common Poorwill

Poorwill (images: Opishposh)

Satu-satunya spesies burung yang melakukan hibernasi adalah Common Poorwill. Burung ini melakukan hibernasi saat keadaan cuaca benar-benar dingin, benar-benar panas, atau ketika mereka kesulitan mencari makanan. Namun yang lebih menariknya lagi burung ini bisa berhibernasi saat sedang mengerami telurnya.

9. Bekicot

Bekicot (images: Opishposh)

Bekicot tidak hanya berhibernasi pada musim dingin, namun bekicot juga bisa berhibernasi pada musim panas, sebuah proses yang disebut estivation. Saat berhibernasi bekicot masuk kedalam cangkangnya untuk menjaga dari serangan predator. Bahkan bekicot bisa berhibernasi dalam waktu bertahun-tahun.

8. Tupai Tanah

Tupai tanah (images: Opishposh)

Tupai tanah biasanya berhibernasi 9 bulan dalam setahun. Tupai tanah saat mau melakukan hibernasi mereka suka menggali tanah untuk nanti tidur dan terbebas dari gangguang hewan lainnya.

7. Ular Garter

Ular Garter (images: Opishposh)

Ketika musim dingin datang, ular garter juga suka melakukan hibernasi. Kadang-kadang ular garter berkumpul bersama-sama sesama jenisnya untuk melakukan hibernasi bersama. Ketika musim panas tiba, mungkin kita bisa menemukan ular ini sedang berjemur.

6. Landak

Landak (images: Opishposh)

Landak biasanya berhibernasi selama musim dingin. Salah satu hal yang menariknya yaitu ketika suhu turun terlalu rendah, tubuh landak akan meresponnya dan detak jantungnya akan berfungsi untuk menghasilkan panas, dan bangun untuk sementara.

5. Katak Pohon

Katak pohon (images: Opishposh)

Saat katak pohon berhibernasi, mungkin akan terlihat sepeti sudah mati, tidak ada detak jantung dan tidak bernafas. Namun sebenarnya katak pohon ini masih hidup. Mereka biasanya mencari tempat untuk hibernasi di liang, tumpukan batu atau tumpukan daun. Ketika suhu memanas, detak jantung katak pohon ini akan kembali berdetak.

4. Lebah

Lebah (images: Opishposh)

Sementara lebah jantan dan lebah pekerja mati di akhir musim panas, lebah ratu menemukan tempat bawah tanah untuk hibernasi selama musim dingin. Waktu yang digunakan lebah ratu untuk hibernasi biasanya 6 bulan lebih. Setelah hibernasinya selesai, lebah ratu menemukan tempat baru untuk membangun sarang untuk musim panas mendatang.

3. Kura-Kura Kotak

Kura-kura kotak (images: Opishposh)

Panjang hibernasi kura-kura kotak tergantung dari lokasi mereka tinggal. Untuk yang tinggal di bagian utara, iklim dingin mungkin hibernasi selama 6 bulan. Sedangkan mereka yang tinggal di iklim hangat mungkin tidak hibernasi sama sekali. Selama berhibernasi, kura-kura kotak ini tidak harus menghirup udara, mereka mengambil oksigen melalui kulitnya.

2. Kelelawar

Kelelawar (images: Opishposh)

Salah satu mamalia yang bisa terbang yaitu kelelawar, biasanya di alam liar kelelawar berhibernasi selama 64-66 hari dan bangun hanya untuk minum. Namun untuk kelelawar yang ada di penangkaran, mereka berhibernasi selama 344 hari. Selama dalah tahap hibernasi, kelelawar diketahui hanya mengambil napas setiap 2 jam dan detak jantung mereka turun dari 400 denyut per menit menjadi 25.

1. Beruang

Beruang (images: Opishposh)

Hanya ada empat spesies beruang yang berhibernasi yaitu America Black Bear, Asiatic Black Bear, Beruang Coklat, dan Bruang Kutub. Yang lebih hebatnya lagi beruang dapat berpergian selama 100 hari tanpa makan atau minum.

Loading...
Loading...