in

10 Fakta Menarik Tentang Lumba-lumba

Lumba-lumba adalah hewan laut yang hampir mirip dengan ikan paus dan pesut. Ada sekitar 40 spesies lumba-lumba yang ditemukan di seluruh dunia. Mereka juga dikatakan sebagai hewan cerdas yang suka membantu manusia. Ada banyak fakta menarik tentang lumba-lumba, dan berikut 10 fakta menarik tentang lumba-lumba.

(images: earthlyissues)

10. Lumba-lumba adalah paus pembunuh

Orca, dikenal sebagai paus pembunuh yang termasuk dari salah satu keluarga lumba-lumba. Paus Orca pada dasarnya merupakan lumba-lumba terbesar yang pernah ditemukan di dunia. Mungkin beberapa orang tidak percaya bahwa hewan lucu ini bisa menjadi hewan pembunuh.

loading...

Paus orca memiliki gigi yang sangat tajam yang sering ditemukan di daerah Kutub Utara dan Antartika. Mereka dikatakan suka membunuh karena orca suka memakan singa laut, anjing laut dan bahkan hiu putih. Meskipun mereka suka membunuh, namun mereka sangat ramah dengan manusia dan bisa dilatih seperti lumba-lumba lainnya.

9. Lumba-lumba bisa mendeteksi bom

Biasanya hewan yang bisa mendeteksi bom adalah anjing dan tikus yang dilatih untuk menemukan bom. Namun, kebanyakan orang tidak tahu bahwa lumba-lumba ternyata bisa mendeteksi bom juga. Beberapa lumba-lumba dilatih agar bisa mendeteksi ranjau bawah air. Biasanya AL melatih hewan lucu ini seperti anjing agar bisa mendeteksi keberadaan ranjau bawah laut.

8. Lumba-lumba tidak bisa tidur

Bayangkan kita sebagai manusia jika tidak bisa tidur, pastinya akan mempengaruhi kesehatan tubuh dan mental kita. Fakta menakjubkan muncul dari lumba-lumba, mereka memiliki kemampuan untuk tetap bangun dalam waktu yang cukup lama, biasanya lima hari berturut-turut mereka tidak tidur. Hal ini disebabkan karena lumba-lumba tidak bisa bernafas saat tidur. Tetapi lumba-lumba tetap tidur, namun setengah otak mereka tetap bangun.

7. Lumba-lumba kadang membunuh anaknya

Mungkin ini sangat sulit dipercaya, tetapi ini adalah fakta bahwa lumba-lumba dapat membunuh bayi mereka sendiri. Fakta ini dibuktikan ketika bayi lumba-lumba ditemukan mati di pantai. Kemudian penelitian dilakukan pada mayat bayi lumba-lumba tersebut dan membuktikan bahwa lumba-lumba bisa saja membunuh anaknya sendiri.

6. Lumba-lumba tidak minum air

Kebanyakan orang berpikir bahwa hewan laut selalu minum air, hal ini disebabkan karena mereka hidup setiap hari di air. Namun untuk lumba-lumba, mereka sangat alergi terhadap air laut. Jika lumba-lumba kebetulan meminum air laut, mereka bisa sakit parah. Air laut dianggap berlebihan untuk lumba-lumba, dan mereka mendapatkan cairan yang dibutuhkan tubuh dari makanan yang mereka konsumsi.

5. Lumba-lumba adalah makhluk laut paling cerdas

Fakta ini dibuktikan bahwa lumba-lumba memiliki kemampuan untuk memahami 60 kata dan membuat 2.000 kalimat. Otak lumba-lumba beratnya mencapai 2 kilogram lebih berat dari pada otak manusia. Studi menunjukan bahwa area pendengaran di otak lumba-lumba jauh lebih maju daripada manusia. Lumba-lumba bisa diajak berkomunikasi lewat bersiul dan membuat suara berbeda lainnya.

4. Ada lumba-lumba yang memiliki warna tubuh berwarna merah muda

Mungkin kita belum pernah melihat dan mendengar tentang lumba-lumba merah muda. Namun beberapa orang mengklaim bahwa lumba-lumba merah muda benar-benar ada. Lumba-lumba putih Cina dan Lumba-lumba sungai Amazon disebut-sebut sebagai lumba-lumba merah muda. Lumba-lumba merah muda memiliki kemampuan mengubah warna dari abu-abu menjadi merah muda ketika mereka masih muda.

3. Lumba-lumba dapat hidup lebih dari 50 tahun

Harapan hidup lumba-lumba berbeda-beda tergantung tempat tinggal dan kondisi lingkungan. Usia maksimum lumba-lumba yaitu empat sampai lima puluh tahun. Ahli biologi kelautan menyimpulkan masa hidup total seekor lumba-lumba yaitu dua puluh hinggu dua puluh lima tahun.

2. Fakta tentang masa perkawinan lumba-lumba

Meskipun kematangan seksual pada lumba-lumba terjadi pada usia 10 tahun tetapi mereka mulai kawin ketika usianya menginjak 15 tahun. Perkawinan antar lumba-lumba terjadi di bawah air, dan berlangsung selama 15-20 detik. Masa kehamilan seekor lumba-lumba yaitu 10-12 bulan tergantung pada spesies.

1. Lumba-lumba adalah ikan paling disukai

Sama seperti anjing, lumba-lumba juga sangat populer di kalangan manusia dan dapat dilatih untuk melakukan banyak hal. Lumba-lumba suka menunjukan sikap lucu kepada manusia dan suka mematuhi perintah majikannya, tidak heran mereka sangat disukai oleh banyak orang. Mereka juga suka berenang bersama manusia yang menunjukan bahwa dia sangat bersahabat dengan manusia.

loading...
loading...
Loading...
Loading...