in

10 Benda Peninggalan Titanic Ini Memiliki Harga Selangit di Pelelangan

Kita semua tahu kapal RMS Titanic adalah kapal terbesar pertama yang pernah dibuat umat manusia. Namun sayang di pelayaran perdananya, Titanic tenggelam di dasar Samudera Atlantik Utara setelah menabrak gunung es pada 15 April 1912.

Kisah Titanic memang sangat populer di telinga masyarakat dunia, apalagi setelah diangkat kelayar lebar, membuat nama Titanic semakin terkenal dan tetap dikenang meski sudah 100 tahun semenjak insiden itu terjadi.

Berbagai macam pencarian dilakukan untuk mencari benda-benda peninggalan Titanic yang tersisa. Meski sudah lama, benda-benda ini ternyata memiliki nilai yang tinggi karena merupakan bagian dari Titanic. Buktinya benda-benda itu terjual dengan harga selangit di pelelangan.

loading...

Berikut 10 benda peninggalan kapal RMS Titanic yang terjual dengan harga selangit di pelelangan, seperti yang Wow Menariknya kutip dari The Richest.

10. Kotak Cerutu Milik Kapten Edward John Smith – USD 40,000 (Rp 465 juta)

(foto: liverpoolecho.co.uk)

Edward John Smith adalah kapten kapal RMS Titanic yang ikut tenggelam bersama kapalnya di lautan dingin Samudera Atlantik. Satu-satunya benda peninggalan sang kapten yang masih utuh hingga sekarang mungkin kotak cerutu miliknya.

Kotak cerutu itu dilelang pada tahun 2012 lalu di Liverpool, Inggris. Karena milik sang kapten, kotak cerutu ini berhasil terjual dengan harga yang mahal yaitu USD 40,000 atau sekitar Rp 465 juta.

Selain mahal, kotak cerutu ini dianggap sebagai salah satu penemuan paling langka dari bangkai kapal Titanic. Dan juga, kotak cerutu yang mampu menampung 40 cerutu Havana ini terbuat dari kayu kamper, diukir dengan inisial nama sang kapten, EJS.

9. Rancangan Pertama Dek Kapal Titanic – USD 49,000 (Rp 569 juta)

(foto: paulle.com)

Rancangan dek kapal RMS Titanic ini dijual dengan harga USD 49,000 (Rp 569 juta) pada sebuah lelang di Inggris.

Dek dalam gambar rancangan ini merupakan salah satu dek paling terkenal dari tiga dek yang ada di kapal Titanic. Kabarnya, rancangan ini diberikan kepada pasangan pertama yang naik kapal Titanic ketika akan melakukan pelayaran perdana.

8. Jaket Pelampung – USD 55,000 (Rp 639 juta)

(foto: theepochtimes.com)

Masih ingat dalam film Titanic ketika para penumpang disuruh memakai pelampung? Ternyata pelampung dalam film itu tidak jauh berbeda dengan pelampung aslinya.

Jaket pelampung Titanic yang asli ini ditemukan di lokasi reruntuhan Titanic oleh seorang anggota regu pencari yang dikirim untuk mencari jasad korban atau benda apa pun di sekitar lokasi tenggelamnya Titanic.

Meski dalam kondisi yang kurang baik dengan bekas cabikan, serta dilumuri dengan darah dan minyak, jaket pelampung ini berhasil terjual dengan harga USD 55,000 (Rp 639 juta).

Sedangkan jaket pelampung korban Titanic lainnya di pajang di sebuah museum di Massachusetts, Amerika Serikat.

7. Arsip Foto – USD 100,000 (Rp 1,1 milliar)

(foto: wired.com)

Banyak foto yang sudah diambil di lokasi Titanic tenggelam, tapi salah satu foto yang paling mencolok adalah foto gunung es yang diyakini pernah bertabrakan dengan Titanic.

Pada bagian bawah sisi gunung es ini terdapat cat berwarna merah yang diduga disebabkan oleh goresan bagian lambung kapal Titanic. Karena itulah banyak orang meyakini bahwa gunung es ini adalah penyebab Titanic tenggelam.

Selain itu, foto ini juga dianggap satu-satunya foto gunung es yang ada waktu itu setelah beberapa hari Titanic tenggelam. Karena dianggap bersejarah, foto ini laku terjual dengan harga USD 100,000 atau sekitar Rp 1,1 milliar di lelang pada tahun 2012 lalu.

6. Menu Makanan – USD 125,000 (Rp 1,4 milliar)

(foto: julesirion.tumblr.com)

Foto di atas menunjukan rangkaian menu makanan yang pernah disajikan dalam kapal Titanic. Meskipun daftar menu itu tidak ditemukan di sekitar reruntuhan kapal Titanic, tetapi menu ini disimpan di dalam tas salah satu korban Titanic yang selamat.

Perhatikan saja di bawah tulisan R.M.S “TITANIC.” ada tanggal 14 April 1912. Dimana tanggal itu merupakan satu hari sebelum Titanic tenggelam di dasar laut Samudera Atlantik.

5. Kunci Utama Kabin – USD 138,000 (Rp 1,6 milliar)

(foto: ackermannpr.com)

Kunci ini merupakan kunci utama yang dimiliki oleh pelayan kelas pertama, Edmund Stone. Meskipun Stone tewas dalam insiden itu, tetapi kunci ini ditemukan di bawah jasad Stone, kemudian kunci tersebut diberikan kepada istrinya di Inggris.

Pada akhirnya, kunci utama kabin kapal RMS Titanic itu dilelang pada tahun 2008 silam. Meskipun hanya sebuah kunci, tapi karena bagian dari Titanic, kunci itu terjual dengan harga USD 138,000 ( Rp 1,6 milliar).

4. Kunci Crow’s Nest (Sarang Gagak) – USD 147,000 (Rp 1,7 milliar)

(foto: postalmuseum.si.edu)

Kunci ini bukan digunakan untuk membuka sarang gagak, melainkan untuk membuka sebuah kotak yang berisi teropong yang digunakan untuk mengamati lautan dari serangan gagak.

Kunci ini ditemukan tertinggal di dalam kapal, dan bahkan harga jualnya lebih tinggi daripada kunci utama kabin yang dipegang oleh Stone.

3. Jam Saku – USD 154,000 (Rp  1,7 milliar)

(foto: blogspot.com)

Selain memiliki kunci utama kabin, Edmund Stone juga memiliki jam saku yang memiliki harga selangit di pelelangan. Jam tangan milik pelayan kelas pertama ini sukses terjual di lelang pada tahun 2008 silam dengan harga USD 154,000 (Rp 1,7 milliar).

2. Rancangan Kapal – USD 362,000 (Rp 4,2 milliar)

(foto: wikimedia.org)

Kita tahu kapal RMS Titanic sangat besar dengan panjang 262 meter dan lebar 28 meter. Nah, untuk rancangan kapal ini saja, kertas yang digunakan memiliki panjang sekitar 32 kaki atau 9 meter.

Rancangan kapal yang dibuat oleh Arsitek Naval di White Star Line ini dijual dengan harga USD 362,000 (Rp 4,2 milliar) di Inggris. Meskipun bukan benda peninggalan Titanic paling mahal, rancangan ini dianggap sebagai hal yang paling penting.

1. Gelang Berlian – USD 200 juta (Rp 2,3 triliun)

(foto: blogspot.com)

Mungkin kamu akan pingsan jika sebuah gelang berlian dijual dengan harga Rp 2,3 triliun. Meskipun bukan bagian dari Titanic, gelang berlian ini merupakan milik salah satu penumpang Titanic, sehingga dianggap bagian dari Titanic.

Banyak penumpang Titanic pada waktu itu yang berasal dari kalangan orang kaya raya. Jadi, sudah pasti akan ada banyak perhiasan berharga yang ditemukan di lokasi kecelakaan. Namun, ada perhiasan yang paling mengesankan di antara perhiasan lainnya, yaitu sebuah gelang berlian.

Gelang berlian yang merupakan milik korban Titanic yang meninggal itu ditemukan oleh tim ekspedisi pada tahun 1987. Di bagian atas gelang berlian terukir sebuah nama “Amy”. Setelah dilakukan pemeriksaan, di dalam Titanic hanya ada dua penumpang yang memiliki nama Amy, sehingga diasumsikan gelang berlian itu merupakan milik salah satu dari mereka.

loading...
loading...
Loading...
Loading...