News

Pemerintah Akan Putuskan Mudik Lebaran 2021 Sebelum Ramadan?

Pemerintah Akan Putuskan Mudik Lebaran 2021 Sebelum Ramadan?

Kurang dari 30 hari lagi seluruh umat muslim akan menunaikan ibadah puasa di bulan ramadhan. Bulan Ramadhan sangat dinantikan bagi seluruh umat muslim di dunia termasuk Indonesia. Sudah menjadi tradisi di Indonesia banyak warga selalu melakukan mudik lebaran. Momen ini sangat di nantikan untuk bisa berkumpul dengan saudara di kampung halaman.

Biasanya di Indonesia menentukan awal bulan Ramadhan dan hari lebaran dengan cara melihat hilal. Tapi untuk tahun ini sedikit berbeda dari tahun tahun sebelumnya, karena pemerintah akan menentukan hari lebaran sebelum Ramadhan dimulai.

Baca Juga : 7 Potret Suasana Lebaran Tempo Dulu Di Indonesia

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, ketentuan terkait libur dan mudik Lebaran 2021 akan diputuskan pemerintah sebelum bulan Ramadan.

Pemerintah akan mempertimbangkan sejumlah dampak, baik dari sektor ekonomi maupun kesehatan, dari kebijakan apakah mudik Lebaran 2021 boleh dilakukan atau tidak.

Pemerintah akan dengan tegas melarang masyarakat untuk mudik Lebaran apabila hal itu berdampak pada penularan dan peningkatan angka kasus Covid-19 di Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya tidak melarang kegiatan mudik pada Lebaran 2021 selama dilakukan sesuai syarat dan ketentuan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Salah satu syarat perjalanan yang harus dipatuhi masyarakat saat mudik ialah dengan menunjukkan hasil tes Covid-19 dengan masa berlaku lebih singkat dari sebelumnya.

To Top