in ,

Di Filipina, Puntung Rokok Bisa Dijual, Untuk Apa?

Seperti yang kita ketahui merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mematikan seperti kanker paru-paru, gangguan pernapasan dan penyakit jantung. Tapi disamping merokok itu berbahaya untuk kesehatan, namun siapa sangka puntung rokok bila dimanfaatkan dengan tepat ternyata dapat menyelamatkan lingkungan.

Banyak perokok yang membuang puntung rokok di mana saja tanpa memperhatikan kebersihan. Membuang puntung rokok di mana saja dapat menyebarkan polusi yang tidak baik untuk lingkungan. Namun tahukah Anda bahwa puntung rokok bisa didaur ulang?

Pusat Ekologi Metropolitan Otonomi Teluk Subic (SMBA) milik pemerintah Filipina, memiliki ide inovatif untuk memanfaatkan puntung rokok yaitu dengan membelinya untuk diolah jadi produk bernilai tinggi.

Untuk apa puntung rokok di daur ulang?

Mengutip laman Viral4real, para ahli di lembaga tersebut masih mempelajari cara mendaur ulang puntung rokok dan setidaknya mereka membutuhkan 60 kg puntung rokok untuk proyek mereka. Para ahli juga membeli puntung rokok untuk meningkatkan kualitas lingkungan di sekitar Teluk Subic.

Baca Juga: 4 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Perokok Agar Paru-Paru Tetap Sehat

Pusat ekologi mengatakan butuh waktu sampai 12 tahun untuk mengurai puntung rokok karena mengandung bahan kimia berbahaya bagi kehidupan laut.

Proyek yang disebut “Puntung Berat” ini dimulai pada 5 Maret dan akan berakhir pada 5 Mei. Jika proyek ini berhasil, puntung rokok akan digunakan untuk membuat batu bata atau blok berongga.

Warga bisa mengumpulkan puntung rokok yang mereka temukan lalu menjualnya ke SMBA dengan harga yang sudah ditentukan.