Mozaik

Walau Hidup Sedang Sulit, Jangan Pernah Tinggalkan 3 Perkara Ini

Walau Hidup Sedang Sulit, Jangan Pernah Tinggalkan 3 Perkara Ini

Yang namanya hidup itu tak akan pernah lepas dari kebahagiaan dan kesulitan. Jika kalian sekarang bahagia, besok bisa sedih, jika sekarang kalian kesulitan, besok bisa saja diberikan kemudahan. Hidup ini sudah ada yang mengatur, cuma bagaimana kita menyikapinya.

Kebanyakan dari kita akan bersyukur ketika diberikan sesuatu yang manis, seperti lancarnya rezeki, tubuh yang sehat, tidak ada permasalahan dan hidup terasa dipenuhi kebahagiaan. Namun ketika diberikan kesulitan, rasa syukur itu mendadak menghilang, yang ada hanya rasa kesal dan pertanyaan mengapa semua ini terjadi padaku.

Apapun kondisimu, seharusnya kita bisa menerima kenyataan yang sedang menimpa kita sekalipun itu sangat pahit. Sebab dibalik cobaan dan kesulitan yang kita terima, pasti ada kebahagiaan di baliknya.

Walau hidup sedang sulit, ingat kalian jangan pernah melupakan 3 perkara penting ini. Jika kalian bisa mempertahankannya, insyaallah kalian akan segera menemukan jalan keluarnya.

1. Sedekah walau sempit

Jangan berhenti bersedekah saat rezekimu sedang sempit. Menurut logika, jika kalian memberi ketika kurang, kalian pasti akan bertambah sengsara. Tapi tidak menurut Allah, jika kalian bersedekah di saat kalian sendiri sedang kesulitan, Allah akan mempermudah jalan rezekimu.

Baca Juga: Ini 5 Amalan Sederhana Pemanggil Rezeki

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS: Ibrahim: 7)

2. Senyum walau sedih

Seberapa sedihnya hatimu, tetaplah pancarkan senyuman di wajahmu. Cukup hanya kamu dan Allah saja yang tahu soal kesedihanmu. orang lain gak usah tahu karena kamu tidak ingin menyusahkan mereka.

Hakikatnya, tetaplah tebarkan kebahagiaan dan kegembiraan kepada orang lain meskipun kamu sendiri sedang sedih. Membantu orang lain akan membawakan kebahagiaan bagi diri sendiri, sampai rasa sedih dalam hatimu menghilang dengan mudah.

3. Berprasangka baik pada Allah walau sedang kesulitan

Ketika kita diberikan kesulitan, kita pasti suka berburuk sangka pada Allah. Kita menganggap Allah itu benci sama kita, murka sama kita, makannya kita diberikan cobaan seperti ini. Justru anggapan seperti itu salah besar.

Allah memberikan cobaan dan kesulitan kepadamu agar kamu tidak terlena dalam urusan dunia. Allah itu kangen sama kamu dan ingin kamu kembali kepadaNya dan kembali berdoa kepadaNya. Sebab jika kamu tidak diberikan kesulitan, besar kemungkinan kamu akan lupa pada Allah.

To Top