Mozaik

Untuk Pengantin Baru, Ini 5 Adab Malam Pertama Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Untuk Pengantin Baru, Ini 5 Adab Malam Pertama Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Malam pertama jadi momen yang paling mendebarkan bagi pengantin baru. Wajar saja mendebarkan karena di malam ini sepasang kekasih bisa berada di ruangan yang sama dan sudah halal melakukan hubungan suami istri.

Mentang-mentang lagi malam pertama, kebanyakan pasangan kadang suka tergesa-gesa karena fokus pada tujuan hingga melupakan adab saat malam pertama. Islam juga punya tata cara yang harus senantiasa dilakukan setiap akan melakukan hubungan suami istri agar lebih berkah.

Bagi Anda pengantin baru atau segera menyusul naik ke pelaminan, kalian harus tahu beberapa adab saat malam pertama atau malam zafaf. Berikut adab malam pertama sesuai tuntunan Rasulullah SAW yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Larangan dalam Islam Ketika Suami Istri Berhubungan

1. Bersihkan mulut dan gigi

Rasulullah SAW sangat menganjurkan kita untuk memelihara kebersihan mulut dan gigi. Apalagi saat malam pertama, biar komunikasinya lancar, tentu saja Anda harus membersihkan mulut dan gigi Anda terlebih dahulu.

Sebagaimana diriwayatkan, Aisyah pernah ditanya, “Pekerjaan apa yang mula-mula dilakukan Rasulullah SAW saat memasuki rumahnya?” Ia menjawab, “Siwak”. (HR. Muslim).

2. Gunakan wewangian

Jangan lupa untuk menggunakan wewangian agar tubuh harum dan segar sehingga pasangan Anda dibuat nyaman saat malam pertama. Aroma wewangian akan memberikan kesan getaran sendiri pada pasangan Anda saat malam zafaf.

Rasulullah SAW bersabda: “Yang sangat aku cintai dari duniamu, adalah isteri dan harum-haruman. Dan dijadikanlah sholat sebagai penyejuk sholatku.” (HR. Ahmad).

3. Membersihkan tubuh dan berhias

Rasulullah sangat menganjurkan kita untuk menjaga kebersihan tubuh dan juga berhias untuk menjaga keanyamanan saat malam pertama. Salah satunya yaitu mencukur rambut di sekitar kemaluan, memangkas kumis, mencabut bulu ketiak dan memotong kuku.

Selain itu, Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk berhias. Jadi sangat wajib bagi para istri untuk berhias ketika akan melakukan hubungan suami istri, tak hanya pada malam pertama saja, tapi setiap berhadapan dengan suami. Sebab hal itu bisa memperkuat cinta dan kasih sayang suami pada istrinya.

Baca Juga: Pentingnya Mengucapkan Basmalah Sebelum Melakukan Hubungan Suami Istri

4. Berdoa

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan pada malam pertama yaitu jangan lupa berdoa karena Anda fokus pada tujuan. Berdoalah terlebih dahulu agar Allah memberikan keberkahan dan memberikan keturunan yang saleh kelak. Berdoalah setidaknya dengan mengucapkan kalimat ta’awudz basmalah.

5. Mulailah dengan kecupan pertama

Setelah semua persiapan beres, termasuk sudah berdoa, mulailah cumbui pasangan Anda dengan kecupan pertama. Jangan langsung ke tujuan apalagi menggunakan cara yang sedikit kasar, tapi gunakanlah cara yang lemah lembut. Utamakan kebaikan saat melakukan hubungan suami istri di malam pertama agar mendapatkan keberkahan.

Untuk pasangan yang baru nikah atau yang belum, membacanya juga udah mendebarkan sekali yah, apalagi pas malam pertamanya. Pastikan Anda mengikuti adab malam pertama dengan benar dan gunakan adab ini untuk seterusnya. Semoga Allah memberikan kita keturunan yang saleh dan keluarga yang sakinah mawadah waromah.

You May Like

To Top