in

Tokoh Jack Sparrow Diambil dari Kisah Bajak Laut Muslim Abad 16

Penggemar film Hollywood pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Jack Sparrow. Dia adalah seorang bajak laut fiksi dalam film Pirates of the Caribbean yang diperankan oleh Johnny Depp.

Namun tahu tidak kalau tokoh Jack Sparrow diambil dari kisah nyata seorang bajak laut Muslim abad ke-16? Pasti banyak yang tidak mengetahuinya kalau Jack di dunia nyata adalah seorang Muslim.

Menurut buku A Christian Turn’d Turk yang ditulis oleh Robert Daborne tahun 1612, bercerita tentang seorang pelaut asal Inggris yang berubah keyakinan menjadi Islam bersama semua kru kapalnya.

Nama bajak laut itu adalah Jack Ward.

Bajak laut tersebut bernama Jack Ward atau Jack Birdy. Ratu Elizabeth 1 menjadikannya perwira angkatan laut yang bertugas menjarah kapal-kapal Spanyol. Kemudian ia diberhentikan dari tugas ketika Inggris mendeklarasikan damai dengan Spanyol pada tahun 1603.

Baca Juga: Inilah 5 Jendral Muslim Paling Ditakuti di Medan Perang

Jack sempat menjadi nelayan ketika itu, tapi kemudian berubah pikiran. Bersama 30 temannya, Jack menjadi seorang bajak laut. Ia dijadikan kapten oleh anak buahnya.

Jack merampas kapal-kapal pedagang di lautan dari ukuran kecil hinggab besar. Ia dan anggotanya menjadi sosok bajak laut paling menakutkan di seluruh lautan.

Kabur ke Tunisia dan menjadi seorang Muslim.

Layaknya dalam film, Jack dan gerombolannya dijadikan buronan oleh pasukan Inggris. Mereka kemudian kabur ke Tunisia hingga ia meminta suaka ke penguasa Tunisia, Usman Dey yang ada di bawah kekhilafahan Utsmani.

Baca Juga: Kisah Keluarga Muslim Menyelamatkan Keluarga Yahudi Saat Ada Pembantaian

Kapten Jack sangat menyukai burung-burung kecil  yang hidup di Tunsia. Hingga warga setempat menjulukinya sebagai Jack Asfour.

Dalam bahasa Arab, asfour memiliki arti burung gereja, dan dalam bahasa Inggris memiliki arti Sparrow. Inilah asal mula nama Jack Sparrow yang dijadikan nama tokoh bajak laut dalam film Pirates of the Carribean.

Jack menjadi seorang muslim antara tahun 1603-1610. Dia menghabiskan masa tuanya di Tunisia sampai ia meninggal pada tahun 1622 di usia 70 tahun.